Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bawaslu Kudus Sosialisasi Anti Politik Uang Lewat Seni Teater

MURIANEWS.com, Kudus – Menjelang Pemilihan Umum 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus giat-giatnya melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif. Uniknya, pengawasan partisipatif ini dikemas dalam bentuk teatrikal.

Kegiatan sosialisasi digelar di Balai Jagong Kudus, Minggu (30/3/2019) malam. Acara itu dibuka mulai pukul 20.00 WIB hingga selesai.

Mengambil tema sosialisasi anti politik uang, Bawaslu Kudus menampilkan performa teater-teater dari Kota Kretek. Ada beberapa komunitas teater yang tampil pada kegiatan itu. Mereka adalah, teater Satoesh, teater Dewa Ruji, dan teater X Apotek.

Ketua Bawaslu Kudus Moh Wahibul Minan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan terhadap bahaya politik uang.

Apalagi, akhir-akhir ini ada penangkapan seorang calon legislatif yang ditangkap KPK. Karena diduga akan membagi-bagikan serangan fajar.

“Ikhtiar kami mensosialisasikan anti politik uang, bahayanya politik uang,” jelasnya kepada media selepas kegiatan sosialisasi di Balai Jagong.

Ia mengatakan, pelaksanaan Pemilu 2019 ini bukan hanya milik Bawaslu dan KPU saja. Melainkan ini semua milik masyarakat. Dengan begitu, masyarakat di Kudus untuk ikut melaksanakan pengawasan partisipatif mensukseskan pemilu 2019.

“Tolak politik uang. Kita sukseskan Pemilu 2019. Mari datang ke TPS pada tanggal 17 April 2019 mendatang,” terangnya.

Untuk itu ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menolak politik uang. Minan juga mengajak kepada generasi milenial untuk tidak terprovokasi isu-isu hoaks. Ini dapat menyebabkan perpecahan di masyarakat.

“Jangan asal langsung dishare. Karena itu generasi muda saya harakan untuk memilih dan memilah mana yang benar dan mana yang salah,” jelasnya.

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...