Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Puluhan Emak-emak di Rembang Mundur dari PKH, Ganjar: Bangga, di Tempat Lain Banyak Pura-pura Miskin

0 6.257

MURIANEWS.com, Rembang – Puluhan emak-emak di Kabupaten Rembang mengundurkan diri setelah beberapa kali mendapatkan bantuan dari Program Keluarga Harapan (PKH). Mereka mundur lantaran perekonomiannya dirasa sudah membaik.

Mereka yang mengundurkan diri ini kemudian diwisuda oleh Pemkab Rembang, karena sudah lulus tak bergantung lagi dengan bantuan PKH.

Salah satunya adalah Siti Rondiyah (55), warga Desa Kaliombo Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang. Bersama puluhan rekannya, Siti mengaku mendapatkan program PKH sejak 2011 lalu.

Ia mengaku bantuan tersebut digunakan untuk keperluan pendidikan anaknya. Dan sisanya untuk modal usaha.

Dari bantuan tersebut, kini ia sudah punya usaha yang mampu untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Oleh karenanya ia bersama puluhan warga lain memutuskan mundur, agar program itu bisa dimanfaatkan warga miskin lain.

“Harapannya semakin banyak penerima manfaat. Dan untuk teman-teman yang masih menerima PKH, saya berharap semangat dan terus memotivasi diri untuk maju dan berkembang. Nanti setelah ekonomi keluarga membaik, bisa ikut wisuda seperti kami,” katanya saat acara Gebyar Sehat Bersama PKH di Halaman Kantor Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang, Sabtu (30/3/2019).

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang menghadiri kegiatan itu mengaku bangga. Ia pun memberikan bingkisan kepada emak-emak yang sudah lulus dari PKH itu.

Ganjar juga mengaku bangga bisa mewisuda lulusan PKH Rembang. Maklum di banyak tempat warga lebih suka pura-pura miskin demi mendapat bantuan pemerintah. Namun di Rembang, warga yang sudah mampu ekonominya menyatakan tak mau lagi menerima PKH.

“Yang luar biasa, ternyata di sini ada wisuda masyarakat yang sudah lulus dari program PKH. Mereka memutuskan tidak mau lagi menerima PKH karena mengatakan ya sekarang kami mampu. Saya acungkan jempol bagi Pemkab Rembang dan para pendamping yang telah menyukseskan program ini,” tegasnya.

Tidak hanya bentuk kesuksesan program PKH dalam pengentasan kemiskinan, Pemkab Rembang lanjut Ganjar juga mau mendampingi mereka dalam menjalankan usahanya. Para penerima PKH yang sudah lulus tersebut didampingi dalam berwirausaha, diberikan akses modal hingga bisa mandiri.

“Dengan mereka tidak menerima manfaat lagi, maka manfaat PKH bisa diberikan kepada yang lainnya. Ini sungguh berjiwa mulia, ini sesuatu yang luar biasa,” pungkasnya.(lhr)

 

Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.