MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bawaslu Kembali Tegaskan Kades Tak Boleh Ikut Kampanye

0 84

MURIANEWS.com, Pati- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pati kembali menegaskan agar kepala desa (kades), perangkat desa maupun Badan Permusyawaratan Desa (BPD) tidak ikut melakukan kampanye. Mengingat, di daerah lain, ternyata sudah ditemukan adanya perangkat yang ikut kampanye.

Ketua Bawaslu Pati Ahmadi mengatakan, sejak kampanye terbuka mulai dilakukan pada 24 Maret lalu, pihaknya mengaku belum menemukan adanya kades, perangkat maupun BPD di Pati yang ikut kampanye.

“Kalau informasi yang kami terima, di daerah lain di luar pati memang ada. Semoga hal itu tidak terjadi di Pati,” katanya, Sabtu (30/3/2019).

Dikatakan pula bahwa sebelumnya pihak Bawaslu sudah mewanti-wanti mereka agar tidak terlibat apapun dalam proses pemilu, kecuali untuk menggunakan hak suara. Bahkan pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi terkait hal tersebut.

“Kalau pun ada anggota keluarganya yang ikut nyaleg, kades tetap tidak diperbolehkan ikut kampanye,” tegasnya.

Menurutnya hal itu sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Isinya, kampanye Pemilu dilarang mengikutsertakan Kepala Desa dan Perangkat Desa.

“Sesuai pasal 280 ayat 2, pelaksana dan/atau tim kampanye dalam kegiatan kampanye pemilu dilarang mengikutsertakan kepala desa dan perangkat desa,” ujarnya.

Sementara ketentuan pidananya apabila yang bersangkutan terbukti melanggar adalah sesuai dengan pasal 494 dengan kurungan paling lama satu tahun penjara dan denda Rp 12 juta.

Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.