Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pelebaran Jalan dan Pembuatan Gorong-gorong Berpotensi Nambah Kemacetan Tanggulangin

MURIANEWS.com, Kudus – Pelebaran jalan dan pembuatan gorong-gorong di seputaran Jembatan Kolonel Sunandar Tiga hingga kini masih terus dilakukan. Pembangunan tersebut dilakukan sebagai penunjang infrastruktur jembatan.

Tedy Rahman, Humas PT Duta Mas Indah selaku kontraktor pembangunan jembatan mengatakan, pembangunan akan berjalan selama kurang lebih dua pekan mendatang. Pengecoran akan dilakukan dari area pelebaran jalan hingga titik tiang pancang.

“Pengecoran membutuhkan waktu kurang lebih dua minggu,” katanya pada MURIANEWS.com, Sabtu (30/3/2019).

Potensi kemacetan sangat dimungkinkan terjadi. Setiap pengerjaan akan berimbas pada kemacetan di jalan seputar Tanggulangin. Karena itu pihaknya memohon para pengguna jalan untuk bersabar saat melewati area proyek.

“Macet tak bisa dihindarkan dari pengerjaan proyek pinggir jalan,” jelasnya.

Sekalipun demikian, pihaknya terus berkoordinasi dengan para aparat terkait untuk pengaturan lalu lintas. Contra flow juga terus diterapkan untuk memecah kemacetan dan penumpukan kendaraan yang terjadi di Arah Demak menuju Kudus maupun sebaliknya.

Alat berat tampak di operasikan di jalan arah Demak menuju Kudus untuk bangun gorong-gorong serta pelebaran jalan. (MURIANEWS.com/Anggara Jiwandhana)

“Papan tanda kemacetan juga telah kami pasang di jalan Lingkar di masing-masing kota, Demak dan Kudus,” jelasnya.

Sementara Rifai, salah satu pengendara yang tiap harinya melewaati jembatan tanggulangin merasa sudah kebal terhadap macet. Sedari awal, pria asal Kecamatan Jati yang bekerja di Demak tersebut harus mengantre untuk pulang menuju Kudus dari arah Demak.

“Sudah biasa kalau sore terjebak macet di sini. Harapannya sih semoga cepat rampung,” tandasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, saluran air atau gorong-gorong sepanjang 279 meter dibangun sebagai infrastruktur penunjang Jembatan berpanjang 600 meter tersebut. Saluran ditempatkan pada sisi kiri jalan Demak menuju Kudus dan sebaliknya.

Pelebaran jalan untuk menunjang orpit atau titik awal jembatan diperhitungkan akan ditambah 2,75 meter. Dari arah Demak ke Kudus yang saat ini mempunyai lebar 7 meter, akan ditambah menjadi 9,75 meter. Pun sebaliknya, mengingat lebar jembatan berlebar 170 meter pembuatan gorong-gorong dan pengecoran berpotensi menambah durasi macet Tanggulangin.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...