Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Satlantas Pati Mulai Siapkan Sistem Tilang Elektronik

MURIANEWS.com, Pati- Jajaran Satuan Lalu Lintas Polre Pati kini mulai menerapkan Sistem Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) untuk menindak tegas pelanggar dengan menggunakan kamera CCTV yang dipasang di perempatan.

Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Arianto melalui Kasatlantas AKP Cristian C Lolowang mengatakan, saat ini sudah ada dua perempatan yang dipasang kamera CCTV modern yang mampu merekam nomor polisi maupun bukti pelanggarannya. Yakni di Perempatan Joyokusumo dan Perempatan Puri.

“Sebenarnya ada empat titik yang telah kami pasang CCTV, namun yang telah dipersiapkan untuk E-TLE di dua titik tersebut. Sedangkan dua lainnya ada di Pertigaan Yaik dan Perempatan CPM,” katanya.

Dengan terobosan baru tersebut maka para pelanggar lalu lintas baik tidak menggunakan perlengkapan kendaraan maupun yang menerobos arus dan traffic light akan mampu terekam oleh kamera CCTV yang telah disiapkan.

“Secara otomatis nanti akan tercapture (terekam) nomor polisi kendaraan yang melanggar, dan bukti pelanggarannya. Dari situlah akan dicari data kendaraan khususnya alamatnya untuk dikirimkan surat tilang. Kami akan menjajaki kerja sama dengan PT Pos atau Babinkamtibmas dalam proses pengantaran surat tilang tersebut,” terangnya.

Dengan surat itu maka pengendara harus membayarkan denda tilang, jika tidak maka secara otomatis surat tanda nomor kendaraan (STNK) akan diblokir. Hingga denda tilang tersebut nantinya dibayarkan.

“Begitu pula jika pada akhirnya ternyata kendaraan itu telah dijual maka akan diblokir dengan harapan pemiliknya segera melakukan balik nama,” katanya.

Dengan begitu diharapkan sistem terbaru tersebut bisa menekan angka pelanggaran. Meskipun tidak adanya petugas namun kesadaran masyarakat dalam berkendara sesuai aturan bisa ditingkatkan.

“Kami meyakini dengan adanya kamera CCTV justru lebih efektif karena bisa 24 jam melakukan pemantauan,” tegasnya.

Hingga saat ini pihaknya masih terus mematangkan penerapan sistem tersebut. Meskipun untuk sarana dan prasarananya sudah tersedia. Bahkan Satlantas juga telah menyiapkan pusat kontrol dan pengawasan kamera CCTV tersebut.

 

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...