Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

DED Jalan Tembus Rahtawu-Soco Mulai Dipersiapkan

MURIANEWS.com, Kudus – Detail Enginering Desain (DED) pembangunan jalan tembus Rahtawu-Soco segera disiapkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus. Survei lapangan akan dilakukan, guna mendapat gambaran medan yang akan dihadapi untuk pembangunan akses jalan.

Ini dikatakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Kudus Heru Subiyantoko, Jumat (29/3/2019).

Hanya saja, untuk pastinya belum bisa disebutkan. Sekalipun pembangunan dicanangkan 2020 mendatang, DED diharapkan bisa dibuat secepat mungkin. “Segera kami siapkan DED Jalan Rahtawu-Soco,” katanya.

Penyambungan kedua lokasi juga diusahakan tanpa proses ganti rugi. Dalam artian, akses jalan baru diupayaka  menggunakan lahan yang sudah direlakan pemiliknya.

Mengingat tujuan awal pembuatan akses jalan adalah untuk jalur evakuasi seandainya terjadi bencana alam di Kawasan Rahtawu. Karena hanya ada satu akses ke luar masuk di desa tersebut. “Karena ini untuk kepentingan bersama,” jelasnya.

Heru belum bisa merinci berapa estimasi biaya bakal proyek penyambungan kedua lokasi tersebut. Namun, dia memperkirakan kegiatan membutuhkan dana Rp 8 miliar lebih. “Rincian pastinya menunggu DED tuntas,”  tandasnya.

Baca: Buka Akses Ekonomi, Pemkab Kudus Akan Buat Jalan Tembus Rahtawu-Soco

Wacana pembangunan jalan tembus Rahtawu-Soco mulai dijalankan kembali. Jika tidak ada hambatan, rencana umum proyek besar tersebut akan segera digelar rapat kerjanya.

Pembahasan anggaran serta teknis pelaksanaan akan didetailkan sesegera mungkin. Pelaksanaan pengerjaan jalan penghubung sendiri akan dicanangkan lewat TMMD Reguler tahun 2019.

Dandim 0722/Kudus Letkol (Inf) Sentot Dwi Purnomo, menyatakan, pembangunan akan berjalan pertengahan tahun mendatang. Dengan pelaksanaan awal, pembuatan jalan tembus Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog menuju Desa Soco, Kecamatan Dawe, Kudus. Serta memakan waktu tiga bulan lamanya.

“Minggu ini rancangan programnya sudah ada,” jelas Sentot pada MURIANEWS.com setelah hadiri penutupan TMMD Sengkuyung I 2019 di lapangan Desa Honggosoco, Rabu (27/3/2019) lalu.

Pembukaan akses dengan menembus Pegunungan Rahtawu juga diharapkan mampu membuka perputaran perekonomian di sekitar. Segi pariwisata akan dipikirkan setelahnya. “Semuanya berkesinambungan,” tandasnya.

 

Editor: Ali Muntoha

Reporter: Angga

Comments
Loading...