Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Perbaikan 21 Ruas Jalan Desa di Kudus Tunggu Bankeudes

MURIANEWS.com, Kudus – Sebanyak 21 titik ruas jalan desa di Kudus diupayakan perbaikannya sesegera mungkin. Perbaikan akan menunggu gelontoran dana dari bantuan keuangan desa (Bankeudes).

Sedangkan pencairan dana akan  menunggu surat keputusan (SK) bupati Kudus untuk pengesahan besaran bantuan yang akan dicairkan. Nilai alokasi bantuan akan sesuai APBD 2019, yakni sebesar Rp 5,2 miliar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kudus Adi Sadhono mengatakan, pihaknya masih menunggu berita acara persetujuan dari Tim Anggaran Pembangunan Daerah (TAPD) terkait program tersebut.

Pengiriman surat pemberitahuan pada Sekretaris Daerah (Sekda) Kudus untuk mendapatkan rekomendasi juga telah dilakukan.

“Berita acara TAPD dan rekomendasi Sekda, akan kami lampirkan dalam pengajuan ke bupati Kudus untuk dibuatkan SK pengesahan bankeudes,” ujarnya, Jumat (28/3/2019).

Kerusakan sejumlah ruas jalan desa memang dikeluhkan masyarakat. Salah satunya adalah ruas jalan masuk dari jalur pantura Kudus-Pati, dari Dukuh Jajar ke Dukuh Asem Doyong, Desa Gondoharum, Kecamatan Jekulo.

Jalan aspal sepanjang sekitar 600 meter dengan lebar 3,5 meter tersebut rusak parah. Sedangkan sekitar 400 meter di sisi utara kondisinya masih cukup bagus, karena perbaikan baru dilakukan tiga tahun lalu menggunakan cor beton.

Salah seorang warga RT 1 RW 3 Desa Gondoharum, Darji (55) menyatakan, ruas jalan  Dukuh Jajar- Dukuh Asem Doyong sudah empat tahun ini rusak parah. Kerusakan terjadi hanya sekitar satu tahun setelah perbaikan.

Rusaknya dikarenakan tidak mampu menahan beban kendaraan berat, seperti truk pengangkut tebu. Genangan air pada musim hujan juga mempercepat kerusakan karena tidak adanya saluran air.

Hal senada diungkapkan Sekretaris RW 03 Desa Gondoharum, Muslimin (45). Kondisi jalan rusak sudah cukup lama dan warga menginginkan perbaikan segera dilaksanakan. “Empat tahun rusak tapi belum ada perbaikan,” katanya.

Kades Gondoharum Kecamatan Jekulo, Ruslan menyatakan, tahun 2019 ini direncanakan perbaikan ruas jalan aspal dari Dukuh Jajar ke Dukuh Asem Doyong. Terakhir, perbaikan dilaksanakan 2013 lalu.

Sementara Camat Jekulo Dwi Yusie Sasepti, menegaskan perbaikan ruas jalan aspal Dukuh Jajar ke Dukuh Asem Doyong Desa Gondoharum sepanjang sekitar 600 meter akan diperbaiki tahun ini dengan menggunakan bankeudes. Besaran bantuan keuangan melalui Dinas PMD Kudus sekitar Rp 200 juta.

 

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...