Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tim Pramuka Jepara Ikuti Pesta Siaga di Pati Pakai Biaya Patungan

0 119

MURIANEWS.com, Jepara – Tim Pramuka Siaga Kabupaten Jepara lolos ke Pesta Siaga Tingkat Bimbingan Wilayah (Bimwil) Pati, yang akan digelar Sabtu (30/3/2019). Mereka dilepas oleh Bupati Jepara, Ahmad Marzuqi di Pendapa Kabupaten Jepara, Jumat (29/03/2019).

Ketua Bina Muda Kwarcab (Kwartir Cabang) Jepara yang juga pimpinan rombongan Sudarwanto mengatakan, kontingen yang dikirim merupakan hasil seleksi Pesta Siaga tingkat kabupaten. Baik putra maupun putri, dipilih tergiat satu sampai tergiat tiga, yang dikirim ke tingkat Bimwil Pati.

Di Barung Putra, tergiat satu sampai tergiat tiga berasal dari MI Darul Huda 2 Karanggondang, Mlonggo, MI Datuk Singorojo, Kerso, Kedung, dan MI Mathalibul Huda Mlonggo. Sedangkan di Barung Putri, berasal dari SD N 1 Panggang, Jepara, SDN 2 Krasak, Bangsri, dan SDN 2 Bucu, Kembang.

“Total kontingen sebanyak 60 Pramuka Siaga sebagai peserta. Lalu 6 bina damping, 1 pimpinan kontingen, dan 6 juri Kwarran, dan 2 juri Kwarcab. Nanti di Pati, akan dipilih 3 barung tergiat putra dan putri yang akan mengikuti lomba lanjutan tingkat Kwarda Jateng, pada April mendatang,” katanya.

Sementara itu, Bupati Jepara Bupati Jepara Ahmad Marzuqi mengapresiasi peran orang tua  anggota Pramuka Siaga Kabupaten Jepara, yang lolos ke Pesta Siaga tingkat Bimwil Pati. Pasalnya, para orang tua, ikut berpartisipasi menanggung biaya pengiriman kontingen ke lomba tersebut.

Dari laporan yang diterima, setiap pangkalan hanya mendapat subsidi pembiayaan dari Kwarcab sebesar Rp 1 juta. Sedangkan sisanya ditanggung bersama oleh Kwarran (Kwartir Ranting), pangkalan atau sekolah, dan orang tua.

“Ini menunjukkan semangat orang tua dalam kegiatan ini sangat besar. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih,” kata Ahmad Marzuqi yang kemudian juga memberi tambahan uang saku sebesar Rp 2 juta.

Dikatakan, eksistensi pendidikan karakter melalui gerakan kepanduan Pramuka sangat luar biasa. Para orang tua harus terus memberi dukungan positif terhadap kegiatan Pramuka bagi putera-puterinya.

Pramuka diyakini memberi bekal kuat dalam menghadapi budaya yang tidak sesuai dengan budaya bangsa.

 

Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.