Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

UNBK Usai, Siswa SMK Kini Harus Kuras Otak Berjuang di USBN dan UKK

0 757

MURIANEWS.com, Kudus – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang diikuti oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Kudus, telah selesai, Kamis (28/3/2019) kemarin. Hanya saja, perjanan siswa siswi SMK belum selesai. Mereka harus kembali mengikuti dua ujian lain setelah UNBK mereka taklukkan.

Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) menunggu mereka setelahnya. Penyelenggaraanya dimulai Jumat (29/3/2019) hari ini, hingga Selasa (9/4/2019) mendatang.

“Ujian akan dilaksanakan selama delapan hari,” ujar Plt Kepala SMKN 1 Kudus Harto Sundoyo, Jumat (29/3/2019).

Sedangkan untuk UKK di SMK nya akan mulai dilaksanakan satu hari setelah USBN. Terhitung mulai tanggal 10 hingga 15 April 2019 mendatang. “Untuk UKK memang menyesuaikan dari sekolah masing-masing” jelasnya.

Pelaksanaan UKK di SMK 1 Kudus sendiri akan menggandeng pihak yang berkompeten untuk penilaian kompetensi keahlian dari siswanya. Pelaksanaaan akan dilakukan secara berkelompok, mengingat jumlah tenaga penilai terbatas. “Karena itulah butuh waktu empat hari,” jelasnya.

Jadwal ujian yang padat dan runtut diharapkan Harto tidak membuat siswanya tertekan. Pihaknya berharap ke 520 siswa yang mengikuti ujian akhir bisa kuat mental dan memperoleh hasil maksimal.

Ratusan siswa itu terbagi ke dalam 6 kompetensi keahlian. Yakni Akutansi, Pemasaran, Tata Boga, Tata Busana, Perkantoran dan Perbankan Syariah.

“Jaga kesehatan, saat-saat seperti ini tidak perlu belajar hingga larut malam, belajar dan istirahatlah yang cukup. Tandasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, sebanyak 5.640 siswa SMK dari 29 sekolah di Kabupaten Kudus, Senin  (25/3/2019) lalu mulau mengikuti UNBK.

Kepala Disdikpora Kabupaten Kudus Joko Susilo memastikan semua hal teknis maupun non teknis telah dipersiapkan dengan matang. Pihaknya yakin, UNBK tahun ini tidak ada kendala yang berarti. “Semua sudah disiapkan dengan matang,” tandasnya.

 

Editor: Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.