Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Mapolres Jepara Diresmikan Kamis Pahing, Begini Maknanya

MURIANEWS.com, Jepara – Kapolres Jepara AKBP Arif Budiman tampak tidak bisa menutupi kegembiraannya di tengah peresmian gedung baru Mapolres Jepara, Kamis (28/3/2019). Kapolres yang belum ada setahun menjabat ini bahkan menyebut, peresmian ini merupakan rezeki bagi dirinya.

Dalam sambutannya, AKBP Arif Budiman menyebutkan, penetapan hari peresmian yang jatuh pada Kamis Pahing itu tidaklah main-main. Entah bermaksud sekedar bercanda, Arif Budiman menyebut pihaknya sempat benar-benar mencari ‘hari baik’ untuk menetapkannya.

Setelah berkonsultasi ke mana-mana, akhirnya ditetapkan Kamis (28/3/2019) adalah hari yang cocok. Menurutnya, Kamis ini adalah Kamis Pahing dalam hitungan Jawa.

Jika dihitung, Kamis memiliki neptu 8 dan Pahing memiliki neptu 9. Jika dijumlahkan maka hasilnya adalah 17 atau dalam bahasa Jawa disebut sebagai pitulas.

“Kalau dalam Jawa, pitu berarti ”pitulungan” atau pertolongan, dan ”las” berarti kawelasan atau pemberian. Jadi Kamis Pahing itu bisa diartikan ada pemberian pertolongan. Intinya Kamis Pahing ini adalah hari baik, karena akan ada pemberian pertolongan yang baik,” ujarnya sambil terkekeh, di hadapan hadirin.

Baca: Kapolda Jateng Resmikan Gedung Baru Mapolres Jepara

Gedung baru Mapolres Jepara dibangun dengan dimensi panjang 50 meter dan lebar 20 meter.  Secara keseluruhan bangunan baru ini memiliki luas bangunan 2.130 meter persegi, dibangun 3 lantai.

Pada lantai 1 luasnya mencapai 718 meter persegi, sedangkan pada lantai 2 dan 3 luasnya mencapai 718 meter persegi.

Pembangunannya secara keseluruhan menelan biaya mencapai Rp 9,4 miliar yang bersumber melalui hibah Pemkab Jepara. Secara bertahap gedung baru yang megah ini dibangun mulai 2016 dan selesai pada 2018.

Pada periode terakhir kepemimpinan Kapolres AKBP Arif Budiman, hanya tinggal melakukan pengisian mebeuler dan perlengkapan kantor.

“Ada 3 Kapolres Jepara sebelum saya yang merintis pembangunan gedung baru ini. Terakhir ini saya yang hanya tinggal meresmikan. Mungkin inilah yang dinamakan sebagai rezeki anak soleh,” ujarnya tetap dengan nada canda.

 

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...