Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Penyandang Difabel di Kudus Minta Ada TPS Mobile yang Menyambangi Mereka

MURIANEWS.com, Kudus – Relawan demokrasi melakukan sosialisasi kepada basis pemilih disabilitas di Panti Pelayanan Sosial Disabilitras Netra Pendowo Kudus, Kamis (28/3/2019). Mereka menyosialisasikan pelaksanaan pemilu dan pendidikan pemilih pemula.

Salah satu relawan demokrasi Dian Mufariha mengatakan, kelompoknya giat untuk melakukan sosialisasi menjelang pemilu. Untuk kali ini sasarannya adalah basis pemilih disabilitas.

“Pesertanya ada sebanyak 60 peserta disabilitas. Mereka termasuk dalam pemilih pemula,” katanya.

Ia mengatakan, pada kesempatan itu relawan demokrasi menyampaikan beberapa hal tentang kepemiluan. Di antaranya sosialisasi dan pendidikan pemilih pemula, lalu terkait surat suara, dan pelaksanaan pemilu.

“Terlebih surat suara pada tahun ini berbeda pada pemilu sebelumnya,” lanjutnya.

Pada pemilu 2019 ini ada lima surat suara dengan warna berbeda. Untuk surat suara warna hijau untuk DPRD kota/kabupaten, warna biru untuk memilih DPRD provinsi, surat suara warna kuning untuk DPR RI, merah untuk DPD, dan surat suara abu-abu untuk melih capres dan cawapres.

“Dengan begitu, harapannya basis disabilitas ini mengetahui tentang tata cara memilih hingga bentuk suara,” ungkapnya.

Ditambahkan, dari sosialisasi tersebut, dari basis disabilitas mengusulkan beberapa hal kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus. Di antaranya adanya TPS mobile untuk basis disabilitas.

Mereka juga membutuhkan pendamping saat di TPS, dan disabilitas tuna netra membutuhkan brailer.“Ini nanti akan kami sampaikan kepada KPU Kudus untuk ditindaklanjuti,” tambahnya.

 

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...