Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Koleksi Fosil Purba di Museum Patiayam Bertambah, Ini Jumlahnya

MURIANEWS.com, Kudus – Koleksi fosil purba yang dimilik Museum Purbakala Patiayam Kudus bertambah. Hal ini menyusul selama tiga bulan terakhir ada 22 penemuan fosil di Pegunungan Patiayam.

Petugas Museum Patiayam Jamin mengatakan, sejak bulan Desember 2018 hingga Februari 2019 tercatat ada sebanyak 22 penemuan. Hanya saja, ia mengaku masih belum mengindetifikasi jumlah fosil baru itu.

“Belum kami identifikasi secara detail. Mungkin ada sekitar ratusan fosil baru,” ujarnya kepada awak media, Kamis (28/3/2019).

Ia mengatakan, fosil baru yang ditemukan mayoritas  bagian tubuh hewan darat dan hewan laut. Meliputi kerbau, banteng, gajah, kijang, dan ikan hiu purba.

“Penambahan jumlah fosil diperkirakan masih akan bertambah lagi. Mengingat di Pegunungan Patiayam masih menyimpan fosil hewan purba,” terangnya.

Sedangkan untuk jumlah fosil keseluruh di Museum Purbakala Patiayam ada sebanyak 7 ribu fosil. Jumlah itu terdiri dari 16 spesies hewan purba. Mulai dari hewan darat hingga hewan laut. “Mayoritas gajah,  kijang, kerbau, ikan hiu itu tadi,” lanjutnya.

Penambahan fosil di Museum Patiayam dibarengi dengan jumlah pengunjung. Bahkan dalam satu bulan bisa mencapai 2 ribu hingga 3 ribu pengunjung.

“Untuk tren pengunjung cenderung meningkat. Seperti setiap bulan itu bisa mencapai 2 ribu hingga 3 ribu pengunjung. Mereka mayoritas dari pelajar,” tambahnya.

 

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...