Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Penataan Bantaran Kali Gelis untuk River Tourism Terus Dikaji

MURIANEWS.com, Kudus – Pembangunan River Tourism Kali Gelis hingga kini masih berada di meja perundingan dan dalam koordinasian semua unsur terkait. Proses penataan bantaran sungai pun belum dilakukan.

Hingga saat ini proses yang telah dilakukan yakni survei dan proses pengecekan. Bupati Kudus, HM Tamzil menyatakan jika proses penataan terus dikaji dan ditimbang lebih dalam lagi.

Pihaknya tidak bisa memutuskan secara singkat kapan dan akan seperti apa proses penataan bantaran Gelis nantinya. Mengingat puluhan ribu kepala keluarga bermukim di sana. “Masih kita dalami dan masih kita kaji,” ujarnya pada MURIANEWS.com, Kamis (28/3/2019).

Tamzil menyebut, masih memikirkan bagaimana warga yang akan digususr tersebut mendapatkan rumah atau warga yang belum siap ditata.

Tamzil juga menyatakan, proses penataan tidak bisa serta merta dilakukan. Penyiapan solusi seperti menyediakan rusunawa bagi para kepala keluarga yang terkena penataan pun harus disiapkan. “Karena itu, segala sesuatunya terus kami persiapkan,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, pembangunan River Tourism Kali Gelis akan diberi suntikan dana awal Rp 10 miliar oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana. Dana tersebut didapat setelah Kepala Bidang Jaringan Sumber Daya Air, Dwi Cahyo Handono  menindak lanjuti surat Bupati Kudus terkait normalisasi Kali Gelis.

Baca juga:

Dana tersebut akan digunakan untuk penataan awal dan pembangunan infrastruktur dasar, berupa tanggul di Kali Gelis. Rencana awal pembangunan, akan dipusatkan di sepanjang Jembatan Sunan Kudus sampai Jembatan Mayor Basuno.

Pembangunan River Tourism Kali Gelis akan berkiblat pada Cikapundung dengan gaya penataan mirip Kali Code. Penerapan tersebut dirasa cocok untuk kali Gelis nantinya.

Sebelumnya, Camat Kota, Catur Widiyatno, juga mengaku siap untuk melakukan pendataan terkait warganya yang bermukim di kawasan bantaran Gelis. Pihaknya akan melakukan upaya sosialisasi terlebih dahulu sebelum melakukan penataan. “Kita dekati pelan-pelan,” tandas Catur beberapa waktu yang lalu.

 

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...