Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kebangetan! Ada Pengawas UNBK Tertidur Pulas Saat Awasi Ujian

0 176

MURIANEWS.com, Semarang – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK yang digelar 25-28 Maret 2019 terdapat beberapa kejadian menggelitik. Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah menemukan ada pengawas yang tertidur pulas saat mengawasi UNKB.

Kejadian itu ditemukan di Semarang dan Kabupaten Klaten. Akibatnya, banyak peserta ujian yang saling bertanya jawaban karena guru yang mengawasi tengah tertidur.

Tindakan pengawas yang tertidur ini, telah menyalahi aturan. Asisten Ombudsman RI Perwakilan Jateng yang jadi Ketua Tim Pengawasan UNBK, Achmed Ben Bella kepada wartawan menyatakan, telah merekomendasikan kepada pengawas tersebut untuk diberi sanksi.

Pihaknya telah melaporkan temuan tersebut ke pihak sekolah dan panitia UN setempat. ”Pihak sekolah sudah minta maaf, dan berjanji akan menjatuhkan sanksi,” katanya.

Selain itu, pihak sekolah yang kedapatan pengawas ujian tertidur juga berjanji memastikan pelaksanaan UNBK selanjutnya berjalan lancar.

Selain guru yang tertidur, Ombudsman juga menemukan ada sekolah yang tak menyalakan bel tanda dimulai dan berakhirnya ujian. Padahal saat ujian berlangsung terdapat 30 peserta lebih.

“Hal ini, berpotensi terjadi maladministrasi berupa penyimpangan dari prosedur yang diatur dalam POS UN 2018/2019,” ujarnya.

Ia telah meminta kepada kepala sekolah, Ketua Panitia dan Kepala Disdikbud Jateng untuk memperketat pengawasan pelaksanaan UN SMK N supaya terlaksana dengan baik dan mencegah maladministrasi.

Saat ini, katanya tim Ombudsman masih monitoring pelaksanan ujian sekaligus menyelidiki secara menyeluruh. Hasil investigasi akan disampaikan saat ujian berakhir.

 

Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.