Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Gubernur Mengajar, Ganjar Bicara Soal Sampah Hingga Paus Mati

MURIANEWS.com, Pati- Dalam kunjungannya ke Kabupaten Pati, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkesempatan untuk mengajar di SMAN 2 Pati, Rabu (27/3/2019). Ganjar mengajak para siswa agar lebih mencintai lingkungan.

Mengingat, ancaman lingkungan saat ini adalah realitas di depan mata. Penyebabnya sangat sepele, mulai dari membuang sampah sembarangan hingga menimbulkan kerusakan lingkungan.

“Lingkungan harus kita jaga, kita lestarikan untuk generasi penerus kita. Jangan sampai membuang sampah sembarangan, apalagi membuang sampah di sungai,” katanya.

Gubernur berambut putih ini melanjutkan, akibat sampah plastik yang dibuang di sungai secara sembarangan, banyak bencana banjir yang datang.

Akibatnya, yang rugi juga masyarakat sendiri.  Belum lagi bencana lain akibat kerusakan lingkungan.

Ganjar juga mencontohkan adanya seekor paus sperma yang ditemukan mati terdampar di perairan Pulau Kapota, Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara, pada Senin (19/11/18 ) lalu. Paus tersebut menelan hampir enam kilogram plastik dan sandal jepit.

“Coba kita bayangkan, ikan paus yang besarnya segitu, ternyata di dalamnya ditemukan sampah plastik. Ini karena manusia yang membuang sampah di sungai hingga akhirnya sampah itu ke laut dan dimakan oleh ikan,” terangnya.

Dibeberkan pula, dalam perut ikan paus tersebut, ketika dibedah ternyata ada sampah jenis plastik keras, botol plastik,  kantong plastik, sandal jepit, dan tali rafia.

“Untuk itu, mari kita budayakan diri kita untuk mencintai lingkungan. Buang sampah pada tempatnya dan jangan sampai mengotori sungai, karena akibatnya sangat berbahaya, bencana sewaktu-waktu bisa datang,” tandasnya.(lhr)

 

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...