Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pembangunan Jalan Tembus Rahtawu-Soco Makan Waktu 3 Bulan

MURIANEWS.com, Kudus – Pelaksanaan pengerjaan jalan penghubung Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog menuju Desa Soco, Kecamatan Dawe diperkirakan memakan waktu tiga bulan. Program yang dicanangkan lewat TMMD Reguler tahun 2019 tersebut rencananya akan dimulai pertengahan tahun 2020 mendatang.

Dandim 0722 Kudus Letkol (Inf) Sentot Dwi Purnomo menjelaskan pelaksanaan akan mulai dikerjakan pada pra TMMD 2020. Setelah itu akan diteruskan di TMMD Reguler 2020.

“Itu karena TMMD waktunya hanya satu bulan. Tentu tidak cukuplah,” katanya.

Ratusan personel gabungan juga akan dikerahkan dalam pengerjaannya nanti. Penguatan dari batalion untuk jumlah personel tentunya dilakukan mengingat panjangnya jalan tembus.

“Masyarakat juga akan dilibatkan. Jadi kita sengkuyung bersama,” ujar Sentot

Ia menyebutkan, pembuatan jalan ini rencananya akan dibangun sepanjang empat sampai lima kilometer. Dengan lebar jalan mencapai enam meter. Kontur lereng pun dipilih atas alasan keamanan dan keselamatan berkendara nantinya.

“Karena akan jadi jalur evakuasi, jalan harus benar-benar layak,” tegasnya.

Pembukaan serta pembuatan jalan di area gugusan perbukitan pada rangkaian Pegunungan Rahtawu, Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog juga akan menghindari kontur-kontur yang dianggap rawan. Di antaranya di titik Semliro dan beberapa tekukan yang dirasa curam.

“Kami juga akan memperbaiki yang tidak aman,” jelasnya.

Dengan dibagunnya jalan tembus, Sentot berharap bisa memudahkan para aparat terkait pemantauan dan penindakan terhadap para pencuri kayu ilegal dan lainnya.

Pembukaan akses dengan menembus Pegunungan Rahtawu juga diharapkan mampu membuka perputaran perekonomian di sekitar. Segi pariwisata akan dipikirkan setelahnya.

“Semuanya berkesinambungan,” tandasnya.

Sementara Bupati Kudus, HM Tamzil juga mendukung perealisasian jalan tembus yang menghubungkan Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog menuju Desa Soco, Kecamatan Dawe tersebut. Pihaknya siap menyuport segala hal baik teknis maupun non teknis terkait perealisasian tersebut.

“Nanti dilaksanakan di TMMD 2020, kami siap sokong anggaran,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...