Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Masa Kampanye Terbuka, Bawaslu Kudus Tingkatkan Pengawasan Pemilu 2019

MURIANEWS.com, Kudus – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus terus meningkatkan pengawasan pelanggaran pemilu. Apalagi, saat ini, hari pelaksaan pemilu serentak tinggal beberapa hari lagi. Tepatnya pada tanggal 17 April 2019.

Ketua Bawaslu Kudus Moh Wahibul Minan mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan pengawasan. Saat ini kampanye terbuka sudah dimulai sejak tanggal 24 Maret 2019 kemarin.

“Kami melakukan peningkatan pengawasan oleh Bawaslu Kudus,” katanya, Rabu (27/3/2019).

Ia mengatakan, pihaknya juga telah melakukan koordinasi. Baik dari Bawaslu Kabupaten Kudus, Panwascam hingga pengawas tempat pemungutan suara(TPS).

“Apapapun yang dilakukan peserta pemilu akan dilakukan pengawasan oleh mereka,” jelasnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus telah mengumumkan masa kampanye terbuka. Kampanye terbuka pemilu 2019 dimulai sejak tanggal 24 Maret 2019 kemarin.

Untuk Kabupaten Kudus masuk dalam zona A. Di zona tersebut pelaksanaan kampanye dimulai pada tanggal 24 Maret 2019. Dijadwalkan masing-masing tim capres melakukan kampanye selama dua hari secara bergantian dengan tim capres lainya.

“Pada tanggal 24-25 Maret nanti akan dimulai pasangan Capres nomor urut 02 dulu. Kemudian bergantian. Sedangkan lada hari libur nasional nanti untuk kampanye diliburkan dulu,” ujarnya.

Sementara, untuk kampanye bagi peserta partai politik, pihak KPU sudah menyediakan 20 lapangan. Mereka diperbolehkan untuk melakulan kampanye ditempat yang sudah ditunjuk dan disediakan KPU.

“Bagi peserta pemilu tak ada bagiannya. Karena takutnya nanti ada parpol yang tidak kebagian dapil saat kampanye. Maka kami menyedikan 20 lapangan. Mereka lebih awal izin, maka mereka mendapatkan hak untuk melakukan kampanye,” terangnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...