Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

127 Ribu Linmas Bakal Jaga TPS Saat Coblosan di Jateng

0 103

MURIANEWS.com, Pati- Sebanyak 127. 902 personel Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Provinsi Jawa Tengah bakal dikerahkan untuk menjaga 63.951 tempat pemungutan suara (TPS) yang di Jateng. Masing-masing TPS akan dijaga oleh dua orang Linmas.

Kasatpol PP Jateng Budiyanto Eko Putwono mengatakan, dalam Pilpres dan Pileg ini, Linmas memang mengambil tugas untuk membantu pengamanannya. Sementara posisinya, nanti ada yang di dalam TPS dan ada yang di luar.

Pertimbangannya, lanjut Budiyanto, Linmas lebih dikenal masyarakat setempat, sehingga dalam mengarahkan pun akan lebih mudah. Selain itu menurut dia, masyarakat pun sudah terbiasa dengan Linmas.

“Untuk Linmas yang ada di dalam TPS, nantinya ada dua personel. Mereka tidak hanya mengamankan, tetapi juga memberikan pengarahan kepada masyarakat yang hendak menggunakan hak pilih,” katanya, Rabu (27/3/2019).

Sementara untuk linmas yang ada di luar TPS, tugasnya sama persis dengan anggota pengamanan pemilu yang lainnya, yakni TNI dan Polri. Mereka akan bekerja sama untuk menciptakan suasana yang kondusif dan aman.

“Menciptakan pemilu yang aman dan damai sudah kewajiban kita bersama. Anggota Linmas kami juga sudah mendapatkan pengarahan dari Pak Gubernur untuk sigap dan tegas dalam memberikan pengamanan,” ungkapnya.

Pihaknya berharap, dengan menerjunkan personel Linmas tersebut, pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan lancar.

Untuk Kabupaten Pati sendiri, jumlah Linmas yang bakal dikerahkan sebanyak 9.420 personel. Sementara jumlah TPS sebanyak 2337. Linmas yang akan ditempatkan di dalam TPS sebanyak 4.674 personel. Sedangkan yang berada di luar TPS sebanyak 4.746 personel.

“Masing-masing Kabupaten/kota jumlah personel pengamananya berbeda, tergantung jumlah TPS,” tandasnya.

 

Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.