Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Gubernur Ganjar Curhat Masih Sering Panen Hoaks

MURIANEWS.com, Pati –Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memimpin Apel Siaga Satlinmas dari 11 kabupaten/kota dari wilayah eks-Karesidenan Pati dan Semarang, di Alun-alun Pati, Rabu (27/3/2019).

Di tengah-tengah memberikan sambutan, Ganjar tiba-tiba curhat tentang keprihatinannya terhadap hoaks yang menyebar di provinsi ini.

“Saya masih panen hoaks, apakah itu di obrolan-obrolan, apakah itu di media sosial dan lainnya,” katanya.

Tak hanya hoaks, ujaran kebencian juga masih marak terjadi, dan semakin menjadi menjelang helatan Pilpres 2019. Bahkan diakuinya, ujaran kebencian itu jauh lebih banyak dan berlangsung secara luar biasa.

“Ujaran kebenciaan, sangat luar biasa terjadi. Kita harus mewaspadai hal ini,” ujarnya.

Ganjar juga meminta agar Satlinmas peka terhadap hoaks maupun ujaran kebencian. Apabila melihat ada orang yang menyebatkan hoaks, segera ditindaklanjuti dan diluruskan.

“Teman-teman (Satlinmas) yang menggunakan media sosial, pantau itu, redam itu, jangan sampai kita kemudian biarkan hoaks bertebaran,” katanya.

Baca: Satlinmas 11 Daerah di Jateng Disiagakan, Ganjar: Jaga Pemilu Sebaik Mungkin

Bahkan dirinya juga meminta agar masyarakat tidak segan melaporkan ke pihak Kominfo apabila melihat atau mengetahui akun yang menyebarkan hoaks.

“Laporkan saja kepada Kominfo apabila ada akun-akun yang tidak bertanggung jawab,” tandasnya.

Apel itu diikuti 1.100 personel Satlinmas dari 11 kabupaten/kota di wilayah eks-Karesidenan Pati dan Semarang. Selain itu juga dihadiri aparat dari kepolisian TNI, maupun organisasi kemasyarakatan.

“Linmas harus siap memberikan pengamanan pilpres maupun pileg yang akan berlangsung pada 17 April mendatang. Hal-hal yang bisa menganggu jalannya pemilu, segera lakukan tindakan,” kata Ganjar saat memberikan pengarahan.

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...