Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kenalkan Budaya, Siswa SMK Muhammadiyah Kudus Ciptakan Aplikasi Android PINEKA

MURIANEWS.com, Kudus – Berawal dari keprihatinan masyarakat yang tak banyak tidak mengenal wisata hingga budaya sendiri menjadi inspirasi siswa-siswa SMK Muhammadiyah Kudus untuk menciptakan aplikasi berbasis android PINEKA (Pedia Bhinneka). Aplikasi yang terdapat sosial media dan quiz ini mampu untuk pengenalan sosial budaya yang ada di Indonesia. Melalui aplikasi tersebut, pengguna dapat mengunggah budaya, wisata hingga kuliner yang ada di daerahnya.

Tim tersebut terdiri dari dua siswa. Mereka adalah Wisnu Ginjar Saputra Kelas XI jurusan TKJ dan  Usamah Abdul Matin Kelas XI TKJ. Serta satu guru pembimbing Abdullah Azzam.

Abdullah Azam mengatakan, pembuatan aplikasi tersebut berawal dari budaya di Indonesia yang semakin tergerus. Tak jarang generasi muda sekarang tak mengenal budaya asli di Indonesia.

“Maka dari itu, kami membuat terobosan dengan membuat aplikasi PINEKA. Lewat aplikasi ini dapat mengenal budaya yang ada di Indonesia,” katanya saat ditemui di SMK Muhammadiyah Kudus, Selasa (26/3/2019).

Wisnu Ginjar Saputra, siswa Kelas XI jurusan TKJ saat menunjukkan aplikasi  PINEKA di SMK Muhammadiyah Kudus, Selasa (26/3/2019). (MURIANEWS.com/Dian Utoro Aji)

Ia mengatakan, aplikasi PINEKA ini ada dua ikon, yakni fun sosial media dan kuis. Untuk yang sosmed mengadopsi dari aplikasi cookped dan Instagram. Sedangkan untuk kuis mengadopsi dari aplimasi merise.

“Ada empat kategori sosial, budaya, tentang kewarganegaraan, dan sejarah. Pengguna bisa mengunggah foto atau gambar potensi daerahnya yang dikategorikan tersebut,” ujarnya.

Lebih lanjut, dalam proses pembuatan aplikasi tersebut terbilang tak mudah. Pasalnya, apa yang ia inginkan tak jarang berbeda yang ditangkap oleh para siswa. Meskipun demikian, aplikasi yang ia buat mendapat tempat tersendiri di sekolahannya.

“Aplikasi ini bisa digunakan oleh semua umur. Mulai dari anak-anak Sekolah Dasar (SD) hingga orang dewasa. Misalnya kita bisa upload makanan, wisata dan juga ada game kuis bagi anak-anak,” katanya.

Bahkan terakhir, aplikasi yang ia ciptakan dapat prestasi sebagai Finalis kegiatan dilaksanakan di Universitas Dian Nuswantoro pada tanggal 23-24 Maret 2019. Para siswa SMK Muhammadiyah Kudus mendapatkan juara tiga.

“Rencananya awal bulan April mendatang akan kami luncurkan di google store,” pungkasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...