Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dispendukcapil Pati Jemput Bola Pembuatan KIA

MURIANEWS.com, Pati- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Pati tengah menggencarkan program jemput bola untuk pembuatan Kartu Identitas Anak ( KIA). Hal itu untuk memudahkan anak-anak agar bisa mendapatkan pelayanan publik secara mandiri.

Kepala Dispendukcapil Pati Rubyon mengatakan, mulai tahun 2019 ini pihaknya menerbitkan KIA dengan harapan, akan memudahkan seorang anak dalam mengurus dokumen atau layanan sosial.

“Seperti naik kereta api, pesawat, pembuatan paspor jika mau ke luar negeri tinggal menunjukkan kartu ini,” jelasnya, Selasa (26/3/2019).

Menurutnya, KIA ini wajib dimiliki oleh setiap anak sebelum memiliki KTP, dengan tujuan meningkatkan pendataan, perlindungan, dan pelayanan publik bagi anak. Selain itu juga sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

Lebih lanjut, berdasarkan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak, KIA merupakan identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari 17 tahun dan belum menikah yang diterbitkan oleh Disdukcapil.

“Sampai saat ini kami telah mencetak kurang lebih 1.300 keping KIA. Jadi kita menjemput bola, kita serahkan formulir kepada sekolah-sekolah. Untuk sementara, kita baru masuki sekolah yang ada di wilayah kota. Setalah itu nanti pihak sekolahan akan memberikan lagi formulir yang telah diisi oleh siswa, kemudian baru kita cetak, ” jelasnya.

KIA tersebut, sebagai pengganti KTP sebelum anak mendapatkan KTP. Karena KIA diterbitkan bagi anak usia 0 sampai dengan sebelum 17 tahun. “Jadi kita akan usahakan menjemput bola semaksimal mungkin,” tandasnya.

 

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...