MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pembangunan Jalan Tembus Rahtawu-Soco Dimulai 2020

0 311

MURIANEWS.com, Kudus – Pembangunan jalan tembus penghubung Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog menuju Desa Soco, Kecamatan Dawe direncanakan akan dilakukan tahun 2020 mendatang. Rencananya, pembuatan jalan tembus tersebut akan dicanangkan melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Dandim 0722 Kudus Letkol (Inf) Sentot Dwi Purnomo mengatakan, pembangunan akses jalan tembus di kedua wilayah tersebut sangat penting. Desa Rahtawu dirasa sangat membutuhkan jalur evakuasi. Terutama saat terjadi bencana alam di kawasan tersebut.

“Jika ada evakuasi, bisa melewati jalan tembus,” katanya.

Sentot menjelaskan, beberapa alasan pentingnya pembuatan jalan tembus lantaran selama ini Rahtawu hanya memiliki satu akses saja untuk ke luar dan masuk wilayah. Jika musim hujan, jalan tersebut bahkan sangat berpotensi longsor.

“Karena inilah perlu dipikirkan jalan alternatif untuk jalur evakuasi,” ujarnya.

Untuk itu, koordinasi untuk merealisasikan akses penghubung mulai gencar dilakukan. Pihaknya berharap, TMMD 2020 bisa menjadi jembatan terciptanya jalan sambung tersebut. Terkait pelaksanaan teknis, akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan Pemkab Kudus.

”Terkait pelaksanaan teknis dan sejenisnya dikoordinasikan lebih lanjut dengan Pemkab Kudus, termasuk estimasi biaya,” jelasnya.

Wacana akses jalan tembus Desa Rahtawu menuju Desa Soco sendiri sudah digaungkan awal 2018 lalu. Gagasan perbukitan pada rangkaian Pegunungan Rahtawu, Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog diwacanakan dapat di alih fungsikan sebagai jalan penyambung menuju Desa Soco, Kecamatan Dawe.

Pembukaan akses dengan menembus Pegunungan Rahtawu juga diharapkan mampu membuka perputaran perekonomian di sekitar. Segi pariwisata akan dipikirkan setelahnya.

“Semuanya berkesinambungan,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

HUT ke-293 Grobogan

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.