Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Lewat Pentas Monolog, Bawaslu Jepara Ajak Warga Awasi Pemilu

MURIANEWS.com, Jepara – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jepara mengajak warga Jepara untuk berperan aktif dalam pengawasan Pemilu 2019. Ajakan ini disampaikan Bawaslu melalui berbagai kegiatan sosialisasi yang mereka lakukan.

Ketua Bawaslu Jepara, Sudjiantoko, menyatakan peran serta masyarakat secara aktif dalam pengawasan Pemilu 2019 akan sangat efektif dalam mencegah terjadinya pelanggaran. Pesan-pesan untuk melakukan pengawasan ini akan selalu disampaikan pihaknya melalui berbagai cara.

Salah satu cara yang saat ini juga dilakukan untuk meningkatkan peran aktif masyarakat dalam ikut mengawasi Pemilu 2019, adalah melalui pentas kesenian. Melalui kesenian, diharapkan pesan itu bisa sampai ke masyarakat.

Sehingga bisa benar-benar memicu keikut-sertaan mereka dalam ikut mengawasi proses pelaksanaan Pemilu 2019.

“Kami juga memilih media kesenian untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk bisa ikut secara aktif melakukan pengawasan Pemilu 2019. Kemarin malam (Senin, 25/03/2019), kami menggelar sebuah monolog berkaitan dengan maksud ini,” ujar Sujiantoko, Selasa (26/03/2019).

Dua pementasan monolog sekaligus, masing-masing “Buta Warna Membabi Buta” karya dan sutradara I Gusti Dwi Putra dari Teater Asa UIN Walisongo Semarang dan “Duh!” karya dan sutradara Wikha Setiawan dengan aktor Arif Brojol dari Karang Taruna Dhamar Boemi Desa Telukwetan, Welahan, Jepara. Pementasan ini digelar di Gedung Kesenian Kabupaten Jepara.

Ratusan penonton yang terdiri dari para seniman Jepara, penggiat literasi, anggota Karang Taruna, pelajar, dan komunitas seni dari luar Jepara hadir. Monolog “Duh!” sendiri berkisah tentang peristiwa Mei 1998, yang melahirkan sistem demokrasi di Tanah Air.

“Pelaksanaan pemilu tinggal menghitung hari lagi. Untuk itu, semua lapisan masyarakat harus ikut serta mensukseskannya. Kesuksesan pemilu juga ada di tangan masyarakat,” katanya.

Pada dua gelaran Monolog yang sudah dipentaskan, beberapa hal terkait Pemilu 2019 disinggung secara implisit. Misalnya saja mengenai ajakan pada masyarakat untuk ikut mengkampanyekan No Hoaks, No SARA, serta No Money Politics.

 

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...