Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dinkes Jateng Bakal Kembali Galakkan Gerakan Sekolah Sehat 

MURIANEWS.com, Pati- Gerakan agar masyarakat mempunyai budaya hidup sehat, harus dilakukan sejak dini, terutama saat anak masih di bangku sekolah. Sebab hal itu akan sangat membantu mengantisipasi terjangkirnya penyakit.

Kepala Bidang Kesehatan pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah Wahyu Setianingsih menyebut, akan menggerakkan kembali gerakan sekolah sehat.

“Sebelumnya memang sudah ada. Tetapi tidak semua sekolaj di Jateng melakukan hal  itu. Sehingga, kami akan mengaktifkan kembali gerakan sekolah sehat,” katanya di Pati, Selasa (26/3/2019).

Menurut dia, gerakan sekolah sehat ini bukanlah program yang muluk-muluk. Mengingat, siswa hanya diajak untuk menerapkan budaya hidup sehat, mulai dari makanan, lingkungan hingga pola hidup yang sehat.

“Kalau dulu sekolah menerapkan cuci tangan dan gosok gigi saat masuk sekolah, tetapi sekarang banyak yang sudah tidak melakukan itu. Karena itulah, kami akan mengaktifkan kembali program yang sangat bagus itu,” ujarnya.

Ia berpendapat, budaya hidup sehat adalah suatu hal yang wajib. Aktivitas seseorang akan terbatas manakala kondisinya tidak sehat. Tetapi kalau kondisinya sehat, mau apapun tentu akan lebih mudah.

Dikatakan pula, hidup sehat tidak perlu harus mahal. Dengan mengonsumsi sayur maupun buah-buahan lokal, itu sudah sangat cukup. Apalagi harga sayur maupun buah juga sangat terjangkau.

“Kalau budaya hidup sehat ini diterapkan sejak dalam sekolah, maka generasi masa depan akan tumbuh menjadi generasi ganh sehat dan berkualitas,” tandasnya.

 

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...