Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pesisir Utara Pantai Margomulyo Pati Ditanami Ribuan Bibit Mangrove

0 91

MURIANEWS.com, Pati- Sebagai upaya untuk mencegah terjadinya abrasi, sepanjang Pantai Margomulyo Kecamatan Tayu, Pati, mulai ditanami mangrove, Senin (25/3/2019). Hal itu sekaligus juga untuk menjaga wilayah pantai utara agar tetap hijau.

Penanaman yang dilakukan oleh jajaran Kodim Pati dan sejumlah komunitas serta warga setempat itu, mendapatkan respon yang positif. Mengingat, wilayah Pantai Margomulyo tersebut sering terjadi abrasi.

Dandim Pati Letkol Arm Arief Darmawan mengatakan, penghijauan di wilayah pesisir pantai adalah sangat penting. Apalagi kalau wilayah tersebut sering terjadi abrasi, tentu penanaman mangrove menjadi suatu keharusan.

“Selain itu, apabila mangrove yang kita tanam ini nanti sudah besar, bisa juga menjadi obyek wisata. Akan tetapi, yang paling penting adalah mencegah abrasi,” katanya.

Menurutnya, khusus untuk wilayah Pantai Margomulyo itu ada sebanyak 1.500 tanaman mangrove yang sudah ditanam. Ini adalah rentetan program penghijauan yang sudah dilakukan pada tahun sebelumnya.

“Kita sudah pernah menanam di tahun sebelumnya, kurang lebih sudah lima kali, hanya saja dengan kondisinya itu ada yang tidak berhasil untuk perkembangan dan pertumbuhan, namun begitu kita akan pantau terus agar perkembangan dan pertumbuhan kali ini bisa lebih baik,” terangnya.

Ia menambahkan, soal pentingnya dan manfaat penanaman mangrove, sebab bisa untuk mencegah dan mengantisipasi bencana alam yang terjadi seperti di beberapa daerah.

“Pemanfaatan penanaman mangrove ini menjadi suatu hal yang kita harapkan, karena memiliki manfaat yang cukup besar, minimal mencegah terjadinya bencana alam,” tandasnya.

Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.