Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dipercaya Membawa Berkah, Ratusan Warga Kudus Rela Desak-desakan Dapatkan Banyu Panguripan

 

MURIANEWS.com, Kudus – Banyu panguripan yang dikirab pada acara Ta’sis Masjid Al-Aqsha Menara Kudus menjadi rebutan ratusan warga. Bahkan warga sekitar rela berdesak-desakan untuk mendapatkan air yang dipercaya membawa berkah tersebut.

Ada sebanyak 51 sumber mata air yang dikirab. Kirab banyu panguripan dimulai di depan Pendopo Kabupaten Kudus dan selesai di depan Menara Kudus.

Kirab sumber mata air yang berasal dari berbagai sumber di Kudus. Di antaranya, sumber mata air dari sendang sewot Wonosoco, air sumur tulak mbah djoleno Desa Krajan, sumur masjid wali Loram Wetan, dan lainnya.

Sesampainya di depan menara Kudus banyu panguripan itu ditaruh disebuah gentong. Setiap banyu panguripan yang berasal dari berbagai sumber itu dicampur ke dalam satu gentong. Selesainya, banyu panguripan tersebut didoakan oleh kiai.

Selanjutnya, setelah didoakan banyu panguripan tersebut dibagi-bagikan kepada masyarakat. Dipercaya air itu memiliki berkah.

Salah satu warga yang berasal Purwokerto Henri rela menunggu untuk mendapatkan air tersebut. menurutnya, air itu dipercaya memiliki berkah. Apalagi air tersebut didoakan oleh para kiai di Menara.

“Airnya untuk diminum ini. Dipercaya untu membawa berkah,” katanya.

Senada juga diungkapkan oleh salah satu siswa MA Banat Kudus Mifta. Siswa kelas 12 ini mengaku bersama rombongan teman-temannya rela mengantri banyu panguripan. Dipercaya air tersebut memiliki berkah.

“Airnya untuk diminum. Tadikan didoakan oleh para ulama. Ya juga buat lancar UN. Diberikan kemudahan untuk ujiannya,” katanya.

Ketua Pengurus Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3SK) Em Najib Hassan mengatakan, kegiatan pada hari ini adalah kirab dari banyu panguripan. Kirab ini mengenalkan kekayaan sumber mata air yang ada di Kabupaten Kudus. Air tersebut dipercaya masyarakat memiliki manfaat bagi kehidupan.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...