Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

3 Warga Wakili Kudus Seleksi Duta Muda Pertukaran Pemuda Antar Negara Jateng

MURIANEWS.com, Kudus – Tiga orang pemuda asal Kudus akan wakili Kota Kretek dalam seleksi provinsi guna mengikuti Duta Muda untuk Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) yang diselenggarakan Kementrian Pemuda dan Olahraga tahun 2019.

Ketiga pemuda tersebut adalah Tiar Bachroni perwakilan seleksi ke Korea, Ridha Amalia Riski perwakilan seleksi Australia, dan Noor Khayati perwakilan untuk ke Singapura.

Kabid Kepemudaan pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Minan Mochammad mengatakan, belasan peserta yang mengikuti seleksi duta muda Kudus hanya dipilih tiga orang saja. Ini lantaran ada beberapa peserta yang mumpuni, namun tak lolos administrasi.

“Seperti yang akan ke Korea nantinya, yang pertama malah berKTP Pati, jadi otomatis gugur,” jelasnya.

Minan menambahkan, tahun ini tidak ada perwakilan dari Kudus yang lolos ke seleksi tingkat provinsi untuk tujuan Jepang. Hal tersebut dikarenakan nilai serta kompetensi peserta dirasa kurang.

“Kami tidak bisa meloloskan secara asal,” terangnya.

Ketiga peserta kini tengah menyiapkan diri untuk hadapi seleksi tingkat provinsi. Mental, materi, serta persiapan non teknis lainnya mulai digembleng. Dengan tujuan lolos ke tahap selanjutnya.

“Kelengkapan berkas juga sedang kami persiapkan,” ujarnya.

Bantuan dari para alumni PPAN juga mulai berdatangan. Mereka akan membantu juniornya untuk lolos menuju tahap berikutnya. Kiat dan tips akan dibagi para alumni guna tercapainya tujuan akhir, yakni terbang ke negara impiannya masing-masing.

“Salah satunya adalah alumni yang pernah berangkat ke Australia tahun lalu,” ujarnya.

Sederet usaha keras yang telah dilakukan membuat pihaknya  PPAN Kudus bisa lolos seleksi provinsi pada tahun ini.

“Harapan semua pihak adalah demikian,” tandasnya.

Terpisah, Tiar Bachroni, peserta PPAN Kudus mengungkapkan sederet persiapan telah dilakukan pihaknya. Hingga kini pihaknya tengah mengasah kemampuan terutama di bidang bahasa inggris dan penulisan esay.

“Kami berharap tidak terlalu berbeda dengan seleksi di Kabupaten,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...