Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Inovasi dan Kreasi Desa Jadi Prioritas Penilaian Lomba Desa di Kudus

MURIANEWS.com, Kudus – Penilaian lomba desa di Kabupaten Kudus saat ini masih terus berlangsung. Tercatat, sudah tiga desa dari tiga kecamatan di Kota Kretek di sambangi oleh Bupati Kudus, HM Tamzil dan rombongan berserta para tim juri.

Setelah Desa Damaran yang mewakili Kecamatan Kota, lalu Kecamatan Gebog yang diwakili Desa Menawan, kini ganti Desa Terangmas yang ditinjau rombongan untuk mewakili Kecamatan Undaan, Senin (25/3/2019).

Sekali lagi, Tamzil menekankan jika lomba desa adalah tolak ukur seberapa pesat perkembangan desa di Kota Kretek. Inovasi dan kreasi menjadi hal prioritas dalam perlombaan. Hanya, administrasi desa serta segi pelayanan birokrasi juga tak kalah penting.

“Selain itu, guyub sesama warga juga jadi penilaian,” terangnya setelah meninjau berbagai produk UMKM di Desa Terangmas.

Ciri khas di masing-masing desa juga diharapkan bisa dimunculkan dan dikembangkan. Penerapan jangka panjang, adalah harapan Tamzil untuk semua fasilitas maupun UMKM yang ada di seluruh desa.

“Jadi tidak hanya saat ikut lomba saja,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut juga, Tamzil mengapresiasi kesiapan dari pihak desa dalam mengikuti lomba desa pada tahun ini. Dari segi infrastruktur seperti bank sampah maupun kualitas SDM dari segi pengolahan sampahnya dan budidaya ikan lelenya mendapat apresiasi darinya.

“Saya rasa desa ini sangat siap untuk ikuti lomba,” tandasnya.

Sementara Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Kelurga (PKK) Kabupaten Kudus Rina Budhi Ariyani, menyatakan semua elemen penggerak dirasa sudah menjalankan perannya dengan baik. Pemberdayaan perempuan juga telah ditingkatkan.

“Bisa kita lihat dari mulai banyaknya UMKM milik ibu-ibu PKK,” jelasnya.

Pihaknya akan terus menyuport para kader PKK guna berkembang menjadi lebih baik lagi. Terutama sebagai penggerak roda ekonomi.

“Melalui UMKM dan berbagai kerajinan yang bisa diciptakan serta bernilai jual,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...