Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Gelar Pelatihan, Kementerian Perindustrian RI Cetak Wirausaha Muda di Kudus

MURIANEWS.com, Kudus – Kementrian Perindustrian Republik Indonesia mengadakan pelatihan teknis kepada para wirausaha baru di Hotel @home Kudus, Senin (25/3/2019). Kegiatan ini dalam rangka penumbuhan dan pengembangan wirausaha baru IKM (Industri Kecil Menengah).

Turut hadir dalam pelatihan tersebut, Direktur IKM Pangan, Barang, Kayu, dan Furniture Kementrian Perindustrian Republik Indonesia Sri Yunianti, Anggota DPR RI Komisi 6  Bowo Sidik Pangarso, Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kudus dan Demak, serta tamu undangan para wirausaha di Kudus dan Kabupaten Demak.

Sri Yunianti mengatakan, kegiatan ini merupakan program dari kementrian perindustrian. Ia menyebutkan, sejak tahun 2015 hingga tahun 2019 ini ditargetkan untuk mencetak sebanyak 20 ribu wirausaha baru.

“Nah ini kami melihat di daerah Kudus dan Demak ini memiliki potensi untuk menjadi wirausaha baru,”ujarnya.

Ia mengatakan, ada beberapa pelatihan yang diberikan kepada wirausaha baru. Di antaranya bimbingan teknis produksi hingga kewirausahaan bagi IKM di Kudus dan Demak.

“Selain itu juga kami berikan pengetahuan tentang tata cara pemasaran. Kami punya klinik pemasaran. Nantinya akan kami pasaran lewat online dan offline. Kalau yang offline kami pasarkan melalui pameran dan lainnya,” katanya.

Dengan demikian, diharapkan para IKM di Kudus dan Demak ini dapat memproduksi wirausahanya secara baik. “Nah kami berharap nanti memberikan izin legalitas usaha. Dengan izin legalitas usaha ini, mereka nanti mudah akses kemana-mana. Seperti mendapatkan KUR,” ungkapnya.

Senada juga diungkapkan oleh Anggota DPR RI Komisi 6  Bowo Sidik Pangarso. Menurutnya, sebagai wakil rakyat pihaknya selalu berupaya untuk meningkatkan perekonomian warga setempat. Salah satunya dengan menghadirkan program dari Kementrian Perindustrian.

“Karena saya dikomisi 6, saya membawai, perindustrian, koperasi, BUMN maka saya datangkan bantuan dan program alat untuk teman-teman IKM di Demak, Kudus, dan Jepara ini,” jelasnya.

Ia mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi rakyat. Bahkan ia sudah meminta kepada Kementrian Perindustrian untuk anggaran ditingkatkan.

“Saya selalu dengan Kementrian Perindustrian, saya minta kementrian teknis agar ditingkatkan. Khususnya untuk berkaitan anggaran untuk rakyat. Contoh perindutrian, koperasi, kemudian perdagangan. Karena kami ingin untuk dimaksimalkan untuk kepentingan yang besar.

Untuk itu, ia berharap kedepannya para wirausaha baru ini bisa meningkatkan perekonomian. Sehingga perekonomian dapat tumbuh pesat melalui wirausaha baru.

“Harapannya, teman teman bisa menjadi wirausaha yang muda. Ini adalah salah satunya untuk mengatasi pengangguran, salah satunya dengan cara bisa berusaha,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...