MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Diikuti 247.089 Siswa, UNBK SMK di Jateng Dipastikan Tanpa Gangguan

0 57

MURIANEWS.com, Semarang – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK dimulai Senin (25/3/2019) hari ini. Di Jawa Tengah, pelaksanaan ujian ini dipastikan berjalan lancar, tanpa ada kendala berarti.

Hal ini ditegaskan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo usai meninjau pelaksanaan UNBK di SMKN Jateng, di Jalan Brotojoyo, Kota Semarang. Ia menyatakan, belum ada laporan tentang ganguan atau kendala pada pelaksanaan hari pertama UNBK tingkat SMK ini.

Terlebih menurut Ganjar, pihaknya jauh –jauh hari sudah mempersiapkan semua sarana dan prasana untuk kelancaran UNBK ini.

”Semua kekurangan pada UNBK tahun sebelumnya menjadi bahan evaluasi. Seperti untuk mengantisipasi listrik yang tiba-tiba padam, beberapa sekolah sudah menyiapkan genset,” katanya.

Ganjar juga menyebut, telah memerintahkan semua pihak terkait, terutama Dinas Pendidikan untuk melakukan pengecekan, dan memastikan semua berjalan lancar.

”Semua harus standby, jangan sampai ada layanan yang kurang sehingga membuat siswa kesulitan,” terangnya.

Ia mencontohkan, di SMKN Jateng yang ditinjaunya, pelaksanaan UNBK berjalan dengan lancar. Mulai dari prasarana, seperti komputer semuanya cukup. Selain itu, juga disiapkan ahli di bidang IT untuk menangani jika sewaktu-waku terjadi masalah.

Dalam melakukan sidak UNBK ini, Ganjar maupun rombongan tidak masuk ke ruang ujian. Bahkan Ganjar hanya mengintip dari sela-sela pintu atau jendela, agar tak mengganggu siswa yang tengah menjalankan ujian tersebut.

UNBK tingkat SMK ini digelar selama tiga hari mulai 25-28 Maret 2019. Di Jateng ada 1.538 SMK yang menggelar ujian berbasis komputer ini.

”Sementara total pesertanya ada 247.089 siswa,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Jateng, Sulistyo.

UNBK tingkat SMK ini memang digelar lebih dulu ketimbang tingkat lainnya. Sementara untuk tingkat SMA/MA akan digelar pada 1, 2, 4 dan 8 April 2019, dan jenjang SMP/MTs akan dilaksanakan pada 22-25 April 2019 mendatang.

Semua proses ujian di SMA/SMK di Jateng tahun ini berbasis komputer. Pihaknya juga memastikan bahwa sarana prasarana telah disiapkan sejak awal, meski masih ada sekolah yang masih nunut UNBK di sekolah lain.

“Terutama sekolah yang di pelosok. Namun jumlahnya hanya sedikit, karena semua sekolah sudah kami persiapkan sejak awal,” terangnya.(lhr)

 

Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.