Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Disdikpora Pastikan SMA dan SMK di Kudus Siap Gelar UNBK

0 130

MURIANEWS.com, Kudus – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus memastikan semua Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) maupun Sekolah menengah Atas (SMA) di Kabupaten Kudus siap menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau Computer Based Test (CBT) secara mandiri.

Persiapan untuk UNBK juga dirasa telah dilakukan dengan baik oleh seluruh elemen terkait. Puncaknya, adalah doa bersama yang dilakukan para pelajar beberapa waktu yang lalu.

Kepala Disdikpora Kabupateb Kudus Joko Susilo menambakan, mental, latihan ujian, serta penggencaran materi ujian dirasa sudah cukup untuk bekal siswa siswi hadapi UN SMK, Senin besok (24/3/2019) dan UN SMA pada 1 April mendatang.

“Mereka sudah berusaha sampai detik ini,” kata Joko pada MURIANEWS.com.

Harapan baik pun diserukan mengingat usaha yang dilakukan semua komponen terkait tidak main-main. Ditambah lagi koordinasi dengan pihak-pihak seperti PLN juga dilakukan oleh Joko.

“PLN berkomitmen menjaga listrik agar tidak padam selama UN berlangsung,” jelasnya.

Terkait sistematis, Joko menjelaskan semua sekolah di berbagai jenjang sudah bisa melaksanakan UNBK secara mandiri. Semua fasilitas penunjang pun telah dipersiapkan secara maksimal.

“Kami coba meminimalisir gangguan, Telkom pun siap menjaga konektifitas tidak terganggu selama pelaksanaan UN,” ucapnya.

Joko menyebutkan, jadwal pelaksanaan UNBK akan dimulai besok (25/3/2019). Untuk SMK dengan materi ujian Bahasa Indonesia, sedangkan Selasa (26/3/2019) Matematika, lalu Rabu (27/3/2019) Bahasa Inggris, dan terkahir Kamis (28/3) yaitu Teori Kejuruan.

Sedangkan untuk jadwal ujian SMA/MA/SMAK dimulai Senin (1/4/2019) dengan materi Bahasa Indonesia, Selasa (2/4/2019) materi Matematika, Kamis (4/4/2019) dengan materi Bahasa Inggris dan hari terakhir Senin (8/4/2019) materi satu mata pelajaran jurusan yang diujikan.

“Rabu, (3/4/2019) ada tanggal merah, tak ada jadwal di hari itu,” jelasnya.

Lebih lanjut, untuk nadwal UNBK jenjang pendidikan SMP/MTs, dimulai pada Senin (22/4/2019) dengan materi ujian Bahasa Indonesia, untuk Selasa (23/4/2019) materi Matematika, Rabu (24/4/2019) materi Bahasa Inggris, dan hari terakhir Kamis (25/4/2019) materinya Ilmu Pengetahuan alam.

“Untuk jumlah siswa yang ikut UNBK, tahun ini sebanyak 27.867 siswa dari jenjang SMP/MTs, SMA, MA, maupun SMK,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.