Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Puluhan Makananan Tradisional Kudus Meriahkan Ta’sis Menara Kudus

MURIANEWS.com, Kudus – Puluhan makanan khas Kudus tempo dulu tengah tersaji di Festival Kuliner Tradisional Kudus yang digelar guna menyemarakkan Ta’sis (ulang tahun) Masjid Al Aqsha Menara Kudus yang ke-484. Ta’sis menara sendiri secara resmi dibuka, Minggu (24/3/2019) pagi sekaligus membuka festifal kuliner bersama serentetan acara lainnya.

Bertempat di Komplek Menara Kudus, berbagai makanan khas dan unik dari Kudus pun mulai tampak diserbu para pengunjung. Baik dari peziarah maupun warga Kudus yang menyempatkan datang.

Sego jangkrik goreng, sego lodeh godong jati, sego uyah asem, horog-horog, serta berbagai makanan tradisional siap memanjakan lidah para pengunjung Festival Kuliner Tradisional Ta’sis Menara Kudus ke 484 tersebut.

Ketua YM3SK M Nadjib Hasan menjelaskan, jika pada festival kuliner diikuti oleh 33 stand dari berbagai jenis makanan. Dirinya menjelaskan di beberapa stand menyajikan makanan khas Kudus asli.

“Festival makanan kali ini untuk melestarikan khasnya Negeri Kudus,” ujarnya.

Najib pun mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk ikut serta dan meramaikan festival kuliner maupun serangkaian acara Ta’sis yang digelar selama dua hari tersebut. Terhitung 17 Rajab hingga 19 rajab 1440 Hijriah. Atau dalam kalender masehi, 24-25 Maret 2019.

“Dengan datang dan meramaikan, maka ikut serta dalam uri-uri budaya Negeri Kudus ini,” ajaknya.

Sementara, Niken satu pedagang Nasi Lodeh Godong Jati di Festival Kuliner menjelaskan jika dirinya menyiapkan sekitar 300 lebih porsi untuk hari ini. Perjam, dirinya bisa menjual 50 lebih porsi nasi yang dijual seharga Rp 5 ribu perbungkus tersebut.

“Ini sudah habis dan mau masak lagi, sekalipun hujan tetap disyukuri,” tandasnya.

Sementara Firman, salah satu peziarah asal Magelang mengatakan jika pihaknya memang sengaja datang dan berziarah ke makam Sunan Kudus saat bertepatan dengan diselenggarakannya Ta’ziz.

“Kami sekeluarga memang telah merencanakan,” ujarnya.

Dalam lawatannya kali ini, Firman bersama keluarga mengincar Sego Jangkrik dan sego uyah asem. Nama tersebut diungkapkan Firman sangat asing di telinganya.

“Dua makanan itu yang saya ingin coba,” ucapnya.

Dirinya pun mengapresiasi seluruh panitia Ta’sis Menara pada tahun ini. Desain panggung serta pengemasan acara yang dirasa menarik, diakuinya cukup membuat dirinya ingin mengikuti semua acaranya.

“Saya baca di internet, acaranya bagus-bagus,” tandasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...