Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Budayakan Hidup Sehat, Kemenkes RI Sosialisasikan Germas di Pati

MURIANEWS.com, Pati – Sebagai upaya untuk membudayakan hidup sehat, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berupaya untuk menggelorakan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), termasuk di Kabupaten Pati. Bahkan, gerakan tersebut sudah menyasar ke lembaga pendidikan pelosok desa.

Perwakilan dari Kemenkes RI Syahrul Panjaitan mengatakan, sebagai sebuah gerakan, budaya hidup sehat memang sudah harus diterapkan oleh masyarakat. Apalagi, saat ini pola hidup sehat itu sudah mulai ditinggalkan.

Akibatnya, lanjut Syahrul banyak orang terterkena penyakit yang sumbernya adalah dari makanan. Tak jarang pula yang berujung pada kematian.

“Hal inilah yang patut kita perhatikan. Menjaga pola hidup sehat itu tidak mahal, bahkan sangat murah. Cukup dengan makan sayuran, buah-buahan, konsumsi air mineral yang cukup dan berolah raga setiap hari,” katanya saat melakukan sosialisasi germas di Pati, Minggu (24/3/2019).

Disamping itu, yang untung apabila pola hidup sehat ini diterapkan adalah masyarakat sendiri. Maka tidak ada salahnya apabila germas ini juga dikampanyekan secara bersama.

“Kita mengajak kepada hal-hal yang baik, menjaga kesehtaan adalah baik. Kalau kita bersama-sama mengkampannyekan germas ini, tingkat kesehatan masyarakat Indonesia akan semakin baik pula,” tegasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi IX DPR RI Imam Suroso mengatakan, semenjak adanya Germas ini, masyarakat yang sakit menurun derastis. Bahkan diperkirakan penurunannya mencapai 6 persen dari sebelumnya yang masih di angka 12 persen.

“Kami memang mendorong Kemenkes ini untuk terus menyosialisasikan germas. Kami juga mengawasi penggunaan anggaran yang digelontorkan, apalagi setiap tahunnya mengalami penambahan,” ungkapnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...