Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Talud Jembatan Longsor, Akses Jalan Karanganyar-Asemrudung Grobogan Putus

MURIANEWS.com, Grobogan – Akses transportasi warga Desa Karanganyar dan Desa Asemrudung di Kecamatan Geyer saat ini terganggu. Hal ini menyusul longsornya talud penahan jembatan utama yang ada di ruas jalan milik kabupaten tersebut, Sabtu (23/3/2019).

Akibat kejadian ini, akses transportasi menjadi terputus karena ruas jalan diatasnya juga ikut tergurs longsor. Warga terpaksa harus mencari jalur alternatif yang jarak tempuhnya lebih jauh karena harus memutar arah.

Pada akhir bulan Januari lalu, talud penahan sudah sempat longsor. Akibat longsornya talud ini, sebuah kendaraan truk sempat nyangkut diatas jembatan karena roda belakangnya terperosok ke dalam tanah yang podisisnya ada di atas talud longsor.

Akibat kejadian ini, akses transportasi menjadi terputus karena posisi truk yang menutup jembatan.

“Lokasi yang longsor ada di titik yang sama. Sebelumnya, sudah sempat ditangani dan sekarang longsor lagi karena tanah dibawah talud tergerus arus sungai. Dalam beberapa hari terakhir memang curah hujan sangat tinggi di kawasan situ,” kata Kepala BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih.

Menurut Endang, pihaknya sudah melakukan pengecekan ke lokasi longsor. Dari hasil pengecekan, panjang longsor mencapai 7 meter, lebar 3 meter dengan kedalaman 4,5 meter.

Setelah melakukan pengecekan, pihaknya juga sudah merencanakan upaya darurat untuk menutup longsor agar ruas jalan bisa dilalui kendaraan roda empat. Dengan demikian, warga tidak perlu lagi mencari jalur alternatif, khususnya bagi pengguna kendaraan roda empat.

“Sementara ruas jalan masih bisa dilalui sepeda motor. Rencananya, besok pagi kita kerja bakti bersama masyarakat untuk memasang bronjong kawat di lokasi longsor. Ini, bronjongnya sudah kita siapkan,” jelasnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...