Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Dua Pertiga Kekuatan Polres Pati Diterjunkan Amankan Pemilu 2019

MURIANEWS.com, Pati- Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Pati akan menerjukan 950an personel untuk mengamankan pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) Pada 17 April 2019 mendatang. Selain itu dibantu juga dari TNI dengan jumlah 150 personel dan satu kompi pasukan Brimob.

Semuanya akan bergerak pada saat pemungutan suara berlangsung. Mereka akan disebar di masing-masing desa dan akan keliling di Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memastikan kondisi aman.

Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Arianto mengatakan, jumlah personel tang diterjunkan setara dengan dua pertiga kekuatan Polres Pati. Mereka akan menempati pos masing-masing untuk menjamin keamanan dan kenyamanan saat pemungutan suara berlangsung.

“Tidak hanya pada saat pemungutan suara, tetapi sejak awal kami juga sudah menerjunkan anggota untuk pengamanan tersebut,” katanya, Sabtu (23/3/2019).

Lebih lanjut, pengamanan sudah dilakukan sejak tahapan pemilu dilakukan. Mulai dari pendataan, pengiriman logistik dari pusat ke daerah dan kesiapan lainnya. Hanya saja, sifatnya tidak melibatkan banyak personel.

“Nah, yang banyak personel itu nanti pas hari intinya, yaitu 17 April. Ini personel akan kami sebar dan melakukan pengamanan hingga acara selesai,” imbuhnya.

Dirinya juga menyinggung terkait kerawanan yang berpotensi terjadi kerusuhan, yakni pada saat kampanye terbuka mulai dilakukan. Pada saat itu pula, dirinya akan menerjukan pasukan untuk melakukan pengamanan.

“Itu salah satu kerawanan yang sudah kami petakan. Jadi, kami akan mengantisipasi itu agar pada saat kampanye terbuka, tidak terjadi kerusuhan,” tandasnya.

 

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...