Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ungkap Kemaritiman Masa Lalu, Balai Arkeologi Yogyakarta Lakukan Penelitian di Banjarejo Grobogan

MuriaNewsCom, Grobogan – Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Grobogan kembali kedatangan tim peneliti. Kali ini, tim peneliti yang datang berasal dari Balai Arkeologi (Balar) Yogyakarta.

Kepala Desa Banjarejo Ahmad Taufik mengungkapkan, jumlah tim yang melangsungkan penelitian sebanyak 12 orang. Mereka sudah mulai tiba di Banjarejo sejak Kamis kemarin dan hari ini mulai melaksanakan observasi lapangan di kawasan Dusun Medang.

“Hari ini tadi, tim dari Balar sudah menentukan titik ekskavasi. Ada dua titik ekskavasi yang lokasinya di sebelah utara perkampungan Dusun Medang,” jelas Taufik, Jumat (22/3/2019).

Menurut Taufik, berdasarkan pemberitahuan sebelumnya, pelaksanaan penelitian akan dilakukan hingga 7 April. Selain di Banjarejo, tim dari Balar juga melakukan kegiatan serupa di Kabupaten Kudus.

Lebih lanjut dijelaskan, penelitian dilakukan untuk mengungkap aktivitas kemaritiman pada masa lalu. Terutama yang terkait dengan keberadaan Selat Muria pada sekitaran abad XVI, sebelum menjadi daratan.

“Jadi, penelitian ini lebih difokuskan untuk mengungkap aktivitas kemaritiman pada masa lalu di sekitar Selat Muria. Pada masa lalu, daerah Banjarejo ini, dianggap merupakan bagian ujung selatan dari Selat Muria. Banyaknya penemuan benda cagar budaya yang ada di Banjarejo menjadi salah satu indikasi adanya aktivitas kemaritiman pada masa lalu,” katanya.

Selain melakukan penelitian, tim dari Balar juga akan melakukan sosialisasi pada masyarakat. Rencananya, sosialisasi dilangsungkan Kamis (28/3/2019) mendatang di Balaidesa Banjarejo.

“Saya berharap, penelitian ini nanti berjalan lancar dan bisa mengungkap tabir sejarah masa lalu yang ada di Banjarejo,” imbuhnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...