Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Merasa Cukup Mampu, Puluhan Penerima PKH di Kudus Mengundurkan Diri

0 158

MuriaNewsCom, Kudus – Puluhan keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan sosial program keluarga harapan (PKH) di Kabupaten Kudus mengundurkan diri. Pasalnya, mereka merasa mampu secara mandiri.

Habib Rifai Koordinator PKH pada Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana mengatakan, untuk di Kudus sudah banyak penerima bantuan PKH yang mengundurkan diri. Tercatat dua bulan terakhir saja ada sebanyak 60 orang yang mengundurkan diri.

“Puluhan yang mengundurkan diri. Seperti kemarin saja itu di Undaan ada 7 orang yang mengundurkan diri,” jelasnya.

Ia mengatakan, penerima bantuan yang mengundurkan diri ini karena merasa mampu secara mandiri. Mereka tinggal menyerahkan surat pernyataan pengunduruan diri dari penerima bantuan PKH.

“Mereka juga sadar karena masih banyak masyarakat lain yang masih membutuhkan bantuan sosial ini,” lanjutnya.

Lebih lanjut dia, untuk penerima bantuan PKH ini ada beberapa komponen. Pertama yakni komponen kesehatan ibu hamil dan anak balita, kemudian komponen pendidikan anak sekolah dasar sampai dengan SMA, serta kesejateraan sosial lansia dan disabilitas.

“Untuk tahun 2019 penerima bantuan sosial nominalnya lebih banyak. Paling banyak itu bisa mencapai Rp 9,6 juta pertahun. Ini dihitung secara maksimal,” katanya.

Sementara itu, untuk jumlah penerima PKH di Kudus ada sebanyak 20.805 KPM. Jumlah ini terus menurun jika dibanding tahun sebelumnya ada sebanyak 22.666 KPM.

Editor: Supriyadi

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.