MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Walikota Semarang Dilaporkan Dugaan Pelanggaran Pemilu

0 643

MuriaNewsCom, Semarang- Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dilaporkan ke Bawaslu atas dugaan pelanggaran pidana pemilu. Hendi dilaporkan atas dugaan melakukan kampanye terselebung dalam seminat Wawasan Kebangsaan yang digelar di Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) Semarang.

Pihak yang melaporkan Hendi adalah Advokat Bela Keadilan (Abeka). Pelaporan dilakukan di Bawaslu Kota Semarang, Kamis (21/3/2019) sore.

Aditya Surya Kurniawan, perwakilan Abeka menyebut, jika seminar yang digelar belum lama itu diduga disusupi dengan kampanye. Yakni dengan deklarasi mendudkung kepempimpinan Joko Widodo.

Acara itu sendiri diikuti oleh guru-guru pendidikan agama Islam dari sejumlah sekolah. Selain itu, sejumlah pejabat aparatur sipil negara (ASN) dari Kemenag juga hadir.

”Ini sudah sebagai bentuk kampanye untuk calon petahana. Dan juga penyalahgunaan wewenang,” katanya pada wartawan, Jumat (22/3/2019).

Apalagi menurut dia, kehadiran Hendi di lokasi itu bukan sebagai kader parpol melainkan sebagai Wali Kota Semarang. Selain itu, lokasi acara yang di dalamnya diduga disisipi deklarasi itu digelar di lokasi milik pemerintah.

“ASN itu terancam Pasal 280 ayat 1 dan ayat 2 UU No.7/2017 tentang Pemilu bahwa pejabat negara, struktural, maupun ASN dilarang mengikuti kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan terhadap peserta pemilu,” ujarnya.

Selain itu, acara itu juga berpotensi terkena tindak pidana pemilu. Sebab, acara melibatkan para siswa sekolah yang umurnya belum memenuhi syarat.

Laporan ini juga dibenarkan Naya Amin, Komisoner Bawaslu Kota Semarang. Menurut dia, pihaknya masih melakukan kajian mengenai laporan itu.

“Sudah kami terima (laporan), segera kami lakukan kajian awal dan berkoordinasi dengan sentra Gakkumdu untuk proses lebih lanjut,” terangnya.

 

Penulis: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

United Futsal Pc

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.