Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KPU Jepara Akan Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

MuriaNewsCom, Jepara – Pemilu 2019 kurang dari 30 hari akan dilaksanakan. Untuk mendapatkan gambaran detail mengenai waktu yang dibutuhkan dalam pelaksanaannya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara akan menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara.

Kegiatan ini menurut Komisioner KPU Jepara, Muhamaddun, merupakan sebuah kegiatan strategis untuk mempersiapkan segala sesuatuanya. Dengan simulasi yang digelar, pihaknya berharap bisa mendapatkan gambaran nyata mengenai proses pemungutan suara dan penghitungannya.

Baik mengenai waktu yang dibutuhkan dan potensi-potensi masalah yang timbul dalam proses tersebut, melalui simulasi yang akan digelar diharapkan bisa segera diketahui. Sehingga bisa diambil langkah-langkah antisipasi untuk mengatasinya.

“Kami ingin mendapatkan gambaran secara detail mengenai proses pemungutan suara dan penghitungannya. Untuk itulah kegiatan simulasi akan digelar,” ujar Muhamaddun, Jumat (22/03/2019).

Rencana kegiatan simulasi tersebut akan dilaksanakan pada Sabtu (23/03/2019) mulai pagi jam 07.00 WIB, di lapangan Pantai Kartini Jepara. Semua Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) di masing-masing desa, semua anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di masing-masing kecamatan dan masyarakat pemilih akan dilibatkan dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini juga menjadi bagian dari penyiapan teknis pemungutan dan penghitungan suara, bagi KPU Jepara dan seluruh jajarannya. Sehingga dari kegiatan ini nantinya para Ketua PPS dapat memberikan gambaran kepada anggotanya di masing-masing Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di masing-masing TPS.

“Melihat kegiatannya, kami perkirakan proses ini akan berlangsung hingga dinihari. Sebab ada 5 surat suara, yang harus dihitung dan direkap oleh para petugas di TPS hinga diteruskan ke PPK. Kami akan segera mengetahui bagaimana gambaran detailnya nanti usai simulasi,” tambah Muhamaddun.

 

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...