Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sekolah Kejar Paket di Pati Dikucuri Rp 2,7 Miliar dari APBN

MuriaNewsCom, Pati- Lembaga kesetaraan seperti kejar paket B dan kejar paket C di Pati tahun ini bisa bernafas lega. Pasalnya, pemerintah telah menggelontorkan anggaran untuk membantu biaya operasional sebesar Rp 2,7 miliar dari APBN.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati Sariyono mengatakan, tahun ini pemerintah memang telah mengalokasikan bantuan operasional (BOP) untuk kejar paket C dan kejar paket B.

“Jadi memang ada anggaran dari APBN yang masuk ke APBD, namanya dana alokasi khusus (DAK) nonfisik yang digunakan untuk BOP sebesar Rp 2,7 miliar,” terangnya.

Terkait besarannya, diakuinya untuk tingkat kejar paket C setiap siswa mendapat Rp 1,8 juta setiap tahunnya. Sementara untuk setingkat SMP atau kejar paket B sebesar Rp 1,4 juta setiap siswa pertahunnya.

“Jumlah itu dikalikan dengan jumlah siswa. Januari ini sudah masuk,” imbuh Sariyono.

Dengan bantuan itu diharapkan dapat membantu lembaga kesetaraan untuk pelaksanaan operasionalnya. Seperti untuk membiayai kegiatan kesetaraan maupun untuk pelaksanaan ujiannya.

“BOP itu juga bisa digunakan untuk gaji guru maupun operasional pelaksanaan kegiatan belajar mengajarnya,” urainya.

Dengan begitu diharapkan peran lembaga kesetaraan itu bisa lebih dimaksimalkan terutama dalam memberikan pendidikan kepada masyarakat. Munculnya bantuan itupun dinilai menjadi sesuatu yang sngat tepat untuk menunjang pemerataan pendidikan bagi masyarakat.

“Selain kejar paket B dan C,  saat ini untuk lembaga pendidikan anak usia dini (Paud) juga sudah ada bantuan operasional tersendiri. Kami yakin ini akan semakin menguatkan peran lembaga kesetaraan,” tandasnya.

 

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...