Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

KPU Grobogan Temukan Sampul Surat Suara DPRD Provinsi Beda Warna

MuriaNewsCom, Grobogan – Sampul surat suara yang digunakan untuk pemilihan DPRD Provinsi dapil Jateng 5 harusnya berwarna biru terang. Namun, dari hasil penyortiran di Grobogan ditemukan ada banyak surat suara DPRD Provinsi yang sampulnya berwarna ungu.

“Memang ada surat suara DPRD Provinsi yang sampulnya berwarna ungu, tidak biru. Jumlahnya masih kita rekap,” ungkap Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo, Kamis (21/3/2019).

Sampul surat suara yang warnanya ungu itu sudah dipisahkan tersendiri. Namun, pihaknya belum mengategorikan surat suara ini termasuk rusak.

Sebab, selain warna sampul, tidak ada kesalahan dalam tulisan, gambar parpol maupun nama calegnya. Meski demikian, pihaknya akan melakukan konsultasi terlebih dulu terkait surat suara yang sampulnya berwarna ungu itu.

“Hari ini, kebetulan saya ada rakor dengan KPU Provinsi Jateng di Semarang. Masalah surat suara yang sampulnya warnanya beda itu akan kita konsultasikan sekalian. Jadi, kita tunggu dulu bagaimana nanti keputusannya. Yang jelas, surat suaranya itu sudah kita pisahkan biar tidak tercampur dengan lainnya,” jelasnya.

Agung menjelaskan, beberapa hari lalu, pihaknya sudah melakukan penyortiran untuk surat suara Pilpres, DPD, DPR RI, dan DPRD Provinsi. Dari proses sortir itu ditemukan sekitar 4 ribu surat suara yang dikategorikan rusak karena beberapa faktor. Antara lain, warnanya pudar, berlubang, sobek, kusut dan potongan kertasnya tidak rapi. Untuk angka kerusakan surat suara masih dalam konsolidasi sortir ulang.

“Proses sortir dan lipat untuk sementara sudah rampung. Nanti, akan kita lanjutkan lagi setelah surat suara untuk DPRD Kabupaten datang. Informasi yang kita terima, dalam waktu dekat, surat suara untuk DPRD kabupaten akan dikirimkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Grobogan Fitria Nita Witanti saat dimintai tanggapannya menegaskan, sesuai regulasinya, sudah ada ketentuan warna tersendiri dalam sampul surat suara. Baik untuk surat suara Pilpres, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota. Menurutnya, surat suara yang warna sampulnya berbeda dari aslinya bisa menimbulkan kebingungan pada pemilih. Terkait masalah itu, pihaknya sudah memberikan masukan pada KPU.

“Kami kembalikan pada petunjuk dan teknis (juknis) serta SOP dari KPU. Kalau sekiranya warnanya memang berbeda jauh dari aslinya, lebih baik itu dimasukan dalam kategori surat suara rusak dan tidak digunakan,” ujarnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...