Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Banyak Caleg di Pati Punya Saudara Kades, Pemilu di Pati Rawan Pelanggaran

0 249

MuriaNewsCom, Pati- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pati mulai memetakan wilayah yang disinyalir rawan terjadi pelanggaraan saat pelaksanaan pilpres maupun Pemilu 2019 mendatang.

Sampai saat ini, secara keseluruhan Pati memang masih dikategorikan rawan. Pasalnya, ada banyak calon legislatif (caleg) yang disinyalir masih ada unsur kekerabatan dengan kepala desa maupun perangkat desa.

Hanya saja, Bawaslu belum bisa menjelaskan kecamatan mana saja yang mempunyai potensi kerawanan paling besar.

“Kalau dikatakan rawan, secara keseluruhan Pati ini rawan terjadi pelanggaran. Paling utama adalah dalam pileg kabupaten. Sebab, ada banyak caleg yang ternyata mempunyai hubungan kekerabatan dengan kades maupun perangkatnya,” kata Ketua Bawaslu Pati Ahmadi usai Rakor Kesiapan Pemilu Bersama Mitra Kerja, Kamis (21/3/2019).

Ahmadi membeberkan, ciri-ciri yang paling rawan adalah caleg yang ternyata istri atau suaminya adalah kades di daerah pemilihannya. Sebab, sedikit saja terjadi kesalahan saat pemungutan suara, potensi gugatan atau permintaan penghitungan ulang bisa saja terjadi.

Apalagi dalam satu desa, terdapat dua atau lebih caleg yang sama-sama bertarung memperebutkan kursi di DPRD. Selain potensi kecurangan, potensi konflik juga sangat mungkin terjadi.

“Karena itu, kami mengajak seluruh elemen masyarakat, terutama aparat kepolisian dan TNI untuk bersinergi bersama-sama mengawal jalannya pemilu,” ujarnya.

Pihaknya juga mengimbau agar kepala desa, perangkat maupun Badan Permusyawartaan Desa (BPD) tidak ikut terlibat dalam kampanye, apalagi menjadi tim sukses. Hal itu untuk meminimalkan potensi-potensi kerawanan tersebut.

“Itu sebagaimana diatur dalam pasal 280 ayat 2 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum bahwa kampanye pemilu dilarang mengikutsertakan kepala desa dan perangkat desa maupun BPD,” tandasnya.

 

Editor: Ali Muntoha

Ucapan Idul Fitri 1441 H Banner Bawah PC

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.