Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

DPR RI Minta Dua Waduk di Gembong Pati Dinormalisasi 

MuriaNewsCom, Pati- Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Bambang Haryo, meminta kepada pemerintah agar dua waduk besar yang ada di Kecamatan Gembong, Pati, dinormalisasi.

Dua waduk yang dimaksud yakni Waduk Seloromo di Desa Gembong, dan Waduk Gunung Rowo. Hal itu diperlukan untuk mengurai maslah banjir dan kekeringan yang selama ini melanda Pati.

“Dua waduk itu sangat potensial untuk menyimpan air, sehingga kalau musim hujan tidak akan terjadi banjir, kalau musim kemarau juga tidak terjadi kekeringan,” katanya.

Hal itu dilontarkan Bambang, lantaran normalisasi Sungai Juwana saat ini tengah menjadi perhatian pemerintah pusat. Menurutnya, yang harus dinormalisasi tidak hanya di wilayah hilir, tetapi untuk wilayah hulu juga sangat diperlukan.

“Belanda itu kalau membuat waduk, minimal kedalamannya 300 meter. Saat ini, kedalamannya tinggal 20 meter. Jadi banyak yang berkurang,” ujarnya.

Lebih lanjut, apabila dua waduk itu dinormalisasi, tentunya akan bisa menyimpan banyak air. Apalagi luasnya mecanapi 5 kilometer persegi.

“Kalau dinormalisasi, dia (waduk) tidak akan membuat banjir, kemudian juga bisa menyimpan air dengan debite yang melimpah,” terangnya.

Dirinya menegaskan agar Kementerian Pekerjaan Umum merawat sumber daya air yang ada di hulu tersebut.

 

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...