Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tamzil Minta Kades di Kudus Segera Lapor Bila Ada Warga yang Meninggal

MuriaNewsCom, Kudus – Bupati Kudus HM Tamzil meminta kepala desa di Kudus segera melapor apabila ada warganya yang meninggal dunia, Rabu (20/3/2019). Terlebih, warga yang meninggal dunia dari masyarakat yang kurang mampu untuk bisa segera mendapat bantuan.

“Setiap keliling ke desa-desa, saya selalu meminta kepala desa untuk membantu warganya yang mengalami kesusahan karena ada anggota yang meninggal. Jangan menunggu lama, segera lapor. Bantuan akan cair sehari,” jelasnya kepada awak media.

Ia mengatakan, tak sulit untuk mendapatkan bantuan sosial kematian yang cair dalam sehari tersebut. Yakni, hanya menunjukkan surat kematian dari desa ke Dinas Sosial. Kemudian dalam hari itu juga bantuan sosial akan langsung dicairkan.

“Ini tadi kami juga menyerahkan bantuan sosial di tiga desa yang berada di empat Kecamatan. Jadi saya minta segera diurus,” lanjutnya.

Untuk memberikan bantuan kematian tersebut, lanjutnya, pemkab telah menganggarkan dana sebesar Rp 1,6 miliar untuk tahun 2018. Sedangkan pada tahun 2019, pemkab menganggarkan sebesar Rp 2,5 miliar.

“Memang kemarin pada tahun 2018 bantuan sosial kematian belum cair. Sebenarnya ini hanya faktor kesungguhan bagaimana melayani masyarakat secara cepat saja,” ujarnya.

Sementara itu, kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kudus Ludful Hakim mengatakan, pemkab Kudus pada hari ini kembali memberikan bantuan kematian kepada warga. Seperti di Desa Garunglor Kecamatan Kaliwungu ada sebanyak 201 warga yang menerima bantuan kematian.

“Selanjutnya, di Desa Karangmalang Kecamatan Gebog ada sebanyak 137 warga yang menerima bantuan kematian, serta di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae ada sebanyak 190 warga yang menerima bantuan kematian,” imbuhnya.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...