Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dishub Kudus Siap Lakukan Optimalisasi Uji KIR

MuriaNewsCom, Kudus – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus siap mengoptimalisasi peralatan uji kendaraan bermotornya (uji KIR). Salah satunya dengan menggunakan sistem full computerize yang dikendalikan sepenuhnya dengan komputer dalam setiap komponen. Hal itu ditujukan supaya akurasi dan presisi hasil uji kendaraan yang lebih optimal.

Hal itu disampaikan Kepala Dishub Kudus Abdul Halil melalui Penguji Penyelia Tingkat Lima, Agung Budi. Pihaknya menjelaskan, peralatan yang digunakan untuk uji kendaraan saat ini sebenarnya sudah terakreditasi. Secara berkala juga dilakukan kalibrasi. Hanya, untuk usia peralatan memang dinilai cukup tua.

“Cukup layak, tapi untuk pengoptimalisasian memang sebaiknya diganti,” jelasnya.

Jika memang benar ingin dioptimalisasi, piaknya berharap, Dishub dan Pemkab tidak tanggung- tanggung dalam melakukan pembaharuan peralatan uji kendaraan. Karena peralatan saat ini merupakan satu kesatuan sisitem yang terintegrasis.

“Karena inilah penggantian tidak dapat dilakukan satu atau dua bagian saja,” jelasnya.

Harga satu sistem peralatan diperkirakan sekitar Rp 5 miliar. Tenaga penguji kendaraan bermotor yang kompeten untuk pengoperasian peralatan uji kendaraan juga harus disiapkan.

“Dishub Kudus punya delapan operator penguji berkompeten,” kata Agung, yang juga salah satu anggota tim penguji tingkat Jawa Tengah.

Hingga saat ini, ada sebanyak 10.500 kendaraan bermotor di Kudus yang wajib uji. Hanya, yang secara rutin melakukan uji berkala setiap enam bulan sekali berkisar 9.500 kendaraan.

“Itu artinya, tingkat ketaatan pemilik kendaraan untuk melakukan uji kendaraan hanya 90 persen, atau 10 persen tidak taat atau kesadarannya kurang,” jelasnya.

Salah satu ketidaktaatan karena denda keterlanbatan sangat kecil. Yakni kurang dari Rp seribu per bulan.

“Kami lakukan 60-70 uji kendaraan kendaraan per hari, jelasnya.

Sementara, Bupati Kudus HM Tamzil sebelumnya juga berpendapat, pembaharuan peralatan uji kendaraan sangat penting untuk meningkatkan performa pelayanan dan mengoptimalkan kinerja.

“Kami yakin, dengan peralatan baru kerja lebih optimal dan akurasi peralatan lebih dapat,” tandas Tamzil.

Editor: Supriyadi

Comments
Loading...