Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Puluhan SMP/MTs di Pati Nunut UNBK di Sekolah Lain

MuriaNewsCom, Pati- Sebanyak 17 SMP dan 24 MTs di Kabupaten Pati yang akan melakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), ternyata belum mempunyai fasilitas pendukung. Padahal, pelaksanaan ujian tersebut akan berlangsung pada 22 April 2019 mendatang.

Mutlak, 41 SMP/MTs melakukan UNBK dengan numpang ke sekolah lain yang mempunyai fasilitas pendukung.

Meski demikian, menurut Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati Sariyono mengatakan, ini diperbolehkan dan sesuai dengan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Nomor 0047/P/BSNP/XI/2018 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Prlajaran 2018/2019.

“Selain itu juga sudah sesuai dengan peraturan BSNP Nomor 0048/BSNP/XI/2018 tentang prosedur operasional penyelenggaraan UNBK tahun ajaran 2018/2019,” katanya usai melakukan sosialisasi di Gedung PGRI Pati, Rabu (20/3/2019).

Ia menyebut, untuk sekolah yang belum mempunyai fasilitas pendukung UNBK, memang dipersilahkan untuk numpang ke sekolah yang sudah siap. Hanya saja, harus ada persetujuan dari kedua belah pihak.

Baca: Jelang UNBK SD-SMP, Sekolah Satu Atap di Pati Masih Terkendala Komputer

Dibeberkan pula, jumlah SMP negeri dan swasta di Kabupaten Pati ada sebanyak 83 sekolah. Sementara untuk MTs negeri dan swasta sebanyak 135 madrasah.

“Berarti, yang akan melaksanakan UNBK ada sebanyak 218 sekolah maupun madrasah dengan jumlah siswa sebanyak 18.357 siswa,” ujarnya.

Pihaknya berharap, sekolah maupun madrasah yang masih nunut dalam pelaksanaan UNBK tahun ini, diharapkan tahun depan sudah bisa mandiri.

“Kalau bisa tahun depan sudah mandiri semua. Apalagi saat ini juga ada ujian paket yang masih nunut. Tapi, semoga tahun depan sudah siap semuanya,” tandas Sariyono.

 

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...