Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jelang UNBK SD-SMP, Sekolah Satu Atap di Pati Masih Terkendala Komputer

MuriaNewsCom, Pati- Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi SD/sederajat dan SMP sederajat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati melakukan sosialisasi kepada para kepala sekolah, Rabu (20/3/2019). Kegiatan ini sekaligus untuk memastikan kesiapan masing-masing sekolah.

Sekretaris Disdikbud Pati Sariyono mengatakan, Ujian Nasional (UN) bagi SMP sederajat, saat ini sudah diwajibkan untuk menggunakan komputer. Sehingga, selain sosialisasi, kami juga memastikan kesiapan sekolah terkait perlengkapan komputer.

“Karena itulah, para kepala sekolah kami minta untuk menghadiri sosialisasi ini. Karena sifatnya sangat penting,” katanya.

Dari laporan yang didapatkannya, sebagian besar sekolah di Kabupaten Pati sudah mempunyai perlengkapan komputer untuk UNBK. Hanya saja, untuk sekolah satu atap (satap) dilaporkan masih ada yang belum mempunyai komputer.

Dia menambahkan, tujuan lain diadakannya sosialisasi tersebut juga untuk mengetahui tingkat tercapainya standar kompetensi peserta didik. Selain itu juga mengukur ketercapaian hasil belajar peserta didik.

“Yang paling penting adalah mengukur mutu pendidikan di tingkat nasional, provinsi, Kabupaten serta satuan pendidikan,” ujarnya.

Ia menekankan, fungsi penyelenggaraan UN dan UNBK selain mengukur kemampuan siswa, juga menjadi umpan balik bagi pihak-pihak penyelenggara pendidikan. Khususnya para guru sebagai fasilitator utama dalam kegiatan belajar mengajar.

“Inilah yang kita pentingkan. Setelah pelaksanaan UN maupun UNBK, nantinya juga ada evaluasi dari pihak penyelenggara maupun peserta didik,” pungkasnya.

 

Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...