MURIANEWS.com
Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemprov Sebut Investasi Mulai Berdatangan Sejak Tol Trans Jawa Dioperasikan

0 105

MuriaNewsCom, Semarang- Dampak positif dari dioperasikannya Tol Trans Jawa disebut telah dirasakan oleh Jawa Tengah. Salah satunya investasi yang mulai berdatangan ke provinsi ini.

Dengan kondisi ini Pemprov Jateng yakin target investasi yang ditetapkan tahun 2019 sebesar Rp 56 triliun bisa terlampaui. Terlebih pada tahun 2018 lalu, investasi yang masuk ke provinsi ini mencapai Rp 59 triliun. Padahal targetnya hanya Rp 47 triliun.

Hal ini ditegaskan Plt Kepala DPMPTSP Jawa Tengah, Didik Subiyanto, Selasa (18/3/2019). Menurutnya, sudah banyak calon investor yang akan membangun pabriknya di Jateng.
Bahkan beberapa di antaranya merupakan investor besar, yang akan mampu menampung ribuan karyawan.

“Sudah banyak yang mau masuk, di Pemalang itu ada pabrik sepatu, di Kawasan Industri Demak, Semarang, Kendal, Brebes, Tegal dan banyak yang lainnya,” ujarnya.

Ia mengaku sempat menanyakan kepada calon investor di Pemalang alasannya memilih menanamkan investasinya ke Jateng. Letak Jateng yang strategis, ditambah sudah beroperasinya jalan tol yang menjadi faktor utama.

“Letaknya yang strategis berada di tengah-tengah, sehingga kalau mau ekspor lewat Jakarta, Semarang atau Surabaya mudah. Karena semua sudah terhubung dengan tol,” katanya.

Selain itu, berbagai kemudahan berinvestasi di Jateng juga menjadi alasan para investor masuk. Proses perizinan satu pintu secara online di DPMPTSP dipercaya menjadi magnet para investor masuk ke Jateng.

“Selain itu, Jateng juga memiliki tim percepatan pembangunan kawasan industri yang diketuai Pak Wakil Gubernur dan juga ada Satgas Percepatan Pelaksanaan Berusaha yang mengawal perizinan dan semua yang dibutuhkan calon investor. Satgas ini mengawal mulai orang berminat berinvestasi, membantu perizinan sampai pada mereka berinvestasi secara nyata,” tegasnya.

Salah satu lokasi yang mendapatkan banyak mendatangkan investor yakni Kawasan Industri Kendal (KIK). Tahun ini rencananya ada puluhan investor baru yang segera merealisasikan investasinya di lokasi tersebut.

Head of Sales & Marketing PT KIK, Juliani Kusumaningrum mengatakan, hingga Februari 2019 sudah ada 51 tenant yang akan berinvestasi di KIK.

“Masuknya investor baru tersebut tidak terlepas dari dampak positif dibangunnya tol Trans Jawa. Adanya tol Trans Jawa membuat investor baru percaya akan kemudahan akses jalan logistik ke Jawa Tengah,” kata dia.

Dalam berbagai kesempatan, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga menyebut tengah menggenjot sektor investasi. Selain mendapat kemudahan dengan adanya pembangunan tol Trans Jawa, Ganjar juga telah menyiapkan jurus jitu untuk merealisasikan target investasi tahun ini yakni dengan tour investasi.

“Tahun ini jumlah proyek yang kami tawarkan ada 63 proyek. Terdiri dari 36 proyek sektor pariwisata, delapan di sektor pertanian, empat di manufaktur, tujuh di properti dan ada 58 aset milik Pemprov Jaten dari BUMN dan BUMD,” kata Ganjar.(lhr)

 

Penulis: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.