Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Yayasan Dharma Bakti Lestari Siapkan Berkas Usulan Gelar Pahlawan Ratu Kalinyamat

0 96

MuriaNewsCom, Jepara- Permohonan pemberian gelar Pahlawan Nasional untuk Ratu Kalinyamat, dipastikan akan segera dilakukan lagi. Yayasan Dharma Bakti Lestari, menangkap keinginan masyarakat Jepara tersebut, untuk segera merealisasikannya.

Perwakilan Yayasan Dharma Bakti Lestari (YDBL) di Jepara, Nur Hidayat menyatakan, surat rekomendasi dari bupati Jepara sudah diterima pihaknya pada Senin (18/03/2019).

YDBL akan segera melengkapi berkas-berkas persyaratan lainnya, dan menyampaikannya ke Pemerintah RI.

Menurut Nur Hidayat, keinginan kuat masyarakat Jepara terkait pemberian gelar Pahlawan Nasional untuk Ratu Kalinyamat, harus diperjuangkan. Lestari Moerdijat yang merupakan pembina YDBL memandang perlu untuk bisa mewujudkan keinginan masyarakat Jepara tersebut.

“Kami dari YDBL akan berusaha untuk mewujudkan keinginan tersebut. Gelar Pahlawan Nasional untuk Ratu Kalinyamat, tentu akan memberi kebanggaan bagi masyarakat Jepara,” ujar Nur Hidayat, Selasa (19/03/2019).

Sebelumnya, usulan gelar Pahlawan Nasional untuk Ratu Kalinyamat, kembali menyeruak di kalangan masyarakat Jepara. Keinginan tersebut berlanjut dengan dilakukannya serangkaian kegiatan untuk bisa mewujudkan keingunan tersebut.

Di antaranya adalah melakukan kajian mengenai kiprah Ratu Kalinyamat, dan mempelajari peninggalan-peninggalan sejarah dari Ratu Kalinyamat. Kegiatan tersebut akan menjadi pendukung bagi rencana pengajuan permohonan gelara pahlawan nasional tersebut.

Baca juga: 

Melalui forum diskusi bersama organisasi dan elemen-eleman masyarakat terkait hal ini, YDBL juga sudah mendapatkan kesimpulan mengenai kelayakan Ratu Kalinyamat untuk menerima gelar tersebut.

Dalam forum diskusi yang digelar, semua pihak sepakat gelar Pahlawan Nasional memang layak diberikan untuk Ratu Kalinyamat.

Untuk lebih memperkuat usulan gelar pahlawan itu, YDBL akan menggelar kegiatan yang bersifat akademik sekali lagi. Kegiatan itu adalah seminar nasional untuk mengupas perjuangan Ratu Kalinyamat.

Hasilnya akan menjadi salah satu bahan pendukung bagi pengusulan gelar pahlawan nasional tersebut.

Editor: Ali Muntoha

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.