Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

UNBK SMP di Jepara Disiapkan 3.000 Komputer

MuriaNewsCom, Jepara- Jelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Jepara menyiapkan lebih dari 3.000 unit komputer. Selain itu, dilakukan juga koordinasi dengan pihak PLN untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya listrik padam.

Plt Kepala Disdikpora Jepara, Agus Tri Harjono menyatakan, tahun ini ada 159 SMP/MTs dengan total 18.079 siswa tercatat menjadi peserta UNBK. Persiapan-persiapan sudah dilakukan sejak akhir Maret ini. UNBK sendiri akan digelar selama 4 hari mula 22 April 2019 mendatang.

Sejauh ini, semua kesiapan sudah dicek. Untuk kebutuhan komputer, server, jaringan, dan genset, sudah dipersiapkan masing-masing sekolah.

Meski untuk genset masih menyewa, dipastikan tidak akan menjadi kendala. Sehingga jika ada kejadian listrik padam, tidak menjadi masalah.

“Untuk listrik, kami sudah berkoordinasi dengan PLN Rayon Jepara dan Bangsri. PLN menyatakan mendukung penuh kegiatan ini. Namun jika padamnya karena faktor eksternal, tetap saja harus menggunakan genset,” ujar Agus Tri Harjono, Selasa (19/03/2019).

Di luar sarana prasarana, saat ini juga sudah disiapkan untuk kebutuhan personal pengawasnya. Penyiapan SDM baik untuk pengawas, teknisi, juga terus berlangsung. Khusus untuk pelaksanaan di SMP 2 Parang, Karimunjawa, yang baru tahun ini melaksanakan UNBK mendapatkan perhatian tersendiri.

Untuk kesiapan di SMP 2 Parang, Disdikpora telah menjalin kerja sama dengan Diskominfo untuk menempatkan personel yang ahli dalam masalah jaringan internet.

Bahkan untuk kepentingan gladi bersih dan simulasi tahap ke 3, beberapa personel sudah berada di Karimunjawa.

“SMP Negeri 2 Parang tahun lalu belum bisa melaksanakan UNBK sebab terkendala jaringan internet. Untuk itu tahun ini sudah disiapkan jauh hari. Untuk pelaksanaan simulasi dan gladi bersih UNBK, jaringan internet sudah bisa digunakan,” tegas Agus Tri Harjono.

Terpisah, Kepala PLN Rayon Jepara, M Mulki Maulana menyatakan untuk even UNBK dan Pemilu, pihaknya tidak akan melakukan pemadaman bergilir. Kegiatan perawatan jaringan yang memerlukan pemadaman tidak akan dilakukan sementara waktu.

Pihaknya menyatakan siap mendukung lancarnya pelaksanaaan UNBK ini. Namun demikian, padamnya aliran listrik bisa juga disebabkan oleh faktor eksternal.

Misalnya saja karena adanya bencana atau faktor alam. Jika itu terjadi maka padamnya listrik tidak bisa dihindarkan.

“Tapi sekali lagi kami siap mendukung kegiatan-kegiatan seperti UNBK, Pemilu dan kegiatan masyarakat lainnya. Kalau padam karena factor eksternal, maka kamipun akan siap untuk secepatnya memulihkannya,” pungkasnya.

 

Editor: Ali Muntoha 

Comments
Loading...